Kamis, April 18, 2024
BerandaKarangasemResiko Bencana Tertinggi di Bali, BPBD Karangasem Masih Terkendala SDM dan Sarpras

Resiko Bencana Tertinggi di Bali, BPBD Karangasem Masih Terkendala SDM dan Sarpras

KARANGASEM, balipuspanews.com – Memiliki 11 dari 13 ancaman bencana secara nasional, Kabupaten Karangasem menjadi Kabupaten dengan indeks risiko bencana tertinggi di Provinsi Bali.

Dengan menyandang predikat tersebut, sejumlah kendala masih dihadapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem dalam merespon setiap laporan yang masuk.

Seperti yang disampaikan oleh Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Minggu (2/01/2022), bahwa selama ini memang ada beberapa kendala yang sering dihadapi BPBD Karangasem seperti misalnya keterbatasan SDM hingga keterbatasan sarana prasarana khususnya di OPD penanggulangan bencana.

“Kalau di BPBD, selain SDM kita juga kekurangan kelengkapan APD (alat pengaman diri) untuk petugas, baik itu berupa helm, sarung tangan dan tali temali masih terbatas. Namun demikian kami bersyukur tahun ini BPBD sudah meningkat statusnya, sudah tentu akan diiringi dengan peningkatan SDM nya,” kata Arimbawa saat ditanya tentang kendala yang dialami sepanjang tahun 2021.

Selain itu, pihaknya juga membutuhkan beberapa jenis rambu peringatan, seperti misalnya rambu peringatan longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan rambu jalur evakuasi Gunung Api.

BACA :  Penjual dan Pengguna Narkoba Diringkus Polres Buleleng, Sembunyikan Paket di Helm

Namun demikian, meski ada sejumlah keterbatasan tersebut, Arimbawa menegaskan bahwa BPBD Karangasem akan tetap bergerak dengan cara berkolaborasi dengan berbagai elemen potensi Penanggulangan bencana yang ada.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular