Resmi Pimpin DPRD Bangli, Suastika Berharap Komunikasi yang Baik dengan Bupati

Ket foto. Ketut Suastika dilantik menjadi ketua DPRD Bangli mengantikan Wayan Diar yang maju sebagai calon wakil bupati
Ket foto. Ketut Suastika dilantik menjadi ketua DPRD Bangli mengantikan Wayan Diar yang maju sebagai calon wakil bupati

BANGLI, balipuspanews.com-
Bertempat di Gedung DPRD Bangli, Senin (26/10/2020), I Ketut Suastika dan Ni Wayan Srianing yang sama-sama merupakan Politikus PDIP resmi dilantik sebagai Ketua dan PAW Anggota DPRD Bangli, untuk menggantikan I Wayan Diar yang mundur dari kursi Ketua/Anggota DPRD Bangli karena maju tarung dalam Pilkada Bangli 2020.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bangli, Nyoman Budiada, berlangsung sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua Pengadilan Negeri Bangli, Forkopimda Bangli, Ketua KPU Bangli, Ketua Bawaslu Bangli, rohaniawan beserta sejumlah undangan lainnya.

Seusai dilantik sebagai Ketua DPRD Bangli yang anyar, I Ketut Suastika menyampaikan, pengucapan sumpah pada Senin, (26/10/2020) mengandung makna yang mendalam sebagai pernyataan janji suci, setelah diberikannya mandat oleh induk Partai untuk menjalankan tugas memimpin lembaga DPRD Bangli selama 4 tahun kedepan.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Konferensi ICONIST di Desa Wisata Penglipuran Bangli

“ Pada akhirnya, janji tersebut harus dipertanggungjawabkan dalam wujud kerja nyata kepada masyarakat, NKRI, dan Ida Sang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa,” kata Suastika.

Dalam kesempatan itu, Suastika menambahkan, di dalam menjalankan pemerintahan daerah bersama dengan Bupati, diharapkan selalu terjalinnya komunikasi dan juga koordinasi. Dengan harapan, agar nantinya fungsi pemerintah sebagai dinamisator, fasilitator, dan regulator dapat berjalan dengan optimal.

“Tugas, fungsi, dan tanggung jawab ini, harus menjadi landasan berfikir agar kita senantiasa dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi di masing-masing DPRD. Oleh karenanya, marilah kita bersam-sama senantiasa meningkatkan kinerja lembaga DPRD yang akan kita perjuangkan dengan segenap daya dan upaya agar dapat mensejahterakan masyarakat. Dan agar tidak sekedar, melahirkan retorika belaka,” tegasnya.

Lebih jauh Politikus PDIP asal Tembuku ini, suatu hal yang harus kita tanamkan bahwa, fasilitas yang tersedia dan yang akan disediakan bukan merupakan tujuan tapi sarana yang harus kita manfaatkan dalam mengoptimalkan kinerja lembaga.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan Guru Metode Gasing di Universitas Sugriwa

“Dalam hitungan satu bulan kedepan, telah menunggu tugas penting yaitu membahas rancangan APBD Kabupaten Bangli tahun anggaran 2021 sebagai pelaksanaan fungsi anggaran budgeting disamping tugas pembentukan peraturan daerah dan tugas pengawasan sebagai tugas pokok DPRD. Oleh karenanya, marilah kita berkonsentrasi untuk mensukseskan tugas dan tanggung jawab tersebut dengan selalu berkomitmen pada kepentingan masyarakat, dan untuk itu perlu dibangun kesadaran konstitusional serta paradigma kebersamaan untuk saling bersinergi dalam tugas dan tanggung jawab,” tutup Ketua DPRD Bangli.

Sementara itu, Bupati Bangli, I Made Gianyar dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada I Ketut Suastika dan juga kepada Ni Wayan Srianing, setelah dilantiknya sebagai Ketua dan PAW anggota DPRD Bangli.

Baca Juga :  Suastika Bahagia, Dua Kali Melahirkan Istrinya Dilayani dengan Memuaskan Berkat JKN

Tidak lupa, Bupati asal Bunutin, Kintamani itu juga mengucapkan terima kasih kepada I Wayan Diar atas kerja keras dan pengabdiannya selama menjadi Ketua DPRD Bangli.

Pun demikian, Made Gianyar berharap agar nantinya DPRD dan stakholder dapat bekerjasama agar nantinya dapat mensejahterakan masyarakat. Dirinya juga menegaskan, berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan daerah, salah satunya tidak terlepas dari peran serta DPRD Bangli.

“Kepada komponen yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangli ini, saya tekankan agar trus menjaga suasana yang selama ini kondusif, apalagi sebentar lagi kita akan melakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli pada tanggal 9 Desember mendatang. Harapan saya semoga berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan damai,” pungkas Made Gianyar.

Penulis : Komang Rizki

Editor : Oka