Ribuan Pengiring dari Seluruh Bali Ikuti Upacara Segara Kertih Mras Segara

585
Upacara melasti
Upacara melasti

ABANG, balipuspanews.com – Ribuan pengiring yang berasal dari seluruh wilayah Bali siang ini, Jumat (11/01) tumpah ruah di sepanjang jalur menuju pesucian segara Pantai Amed, Desa Purwa Kerti, Kecamatan Abang, Karangasem mengikuti upacara Karya Segara Kertih Mras Segara Bhatara Melasti.

Upacara Karya Segara Kertih Mras Segara Bhatara Melasti ini merupakan rangkaian dari upacara Panca Bali Krama di Pura Lempuyang yang puncaknya akan berlangsung pada 20 Januari 2019 mendatang.

Jero Mangku Roma salah satu Pemangku pengayah di Pura Penataran Purwayu Lempuyang menjelaskan, upacara ini rutin dilaksanakan setiap 10 tahun sekali pada saat dilaksanakannya karya panca bali krama sebagai simbol penyucian pra linggal sesuhunan.

Dalam upacara ini, disepanjang jalan yang akan dilalui terlebih dahulu diawali dengan dipercikannya tirta. Sekitar pukul 12.00 wita iring iringan ida Batara tiba di lokasi pesucian Segara Amed. Sebelum tiba di Segara, ketika iring iringan tiba diwilayah Mangsul, ratusan pengiring menanti disepanjang jalan. Kemudian memasuki wilayah Desa Kertamandala ratusan pengiring juga sudah menanti. Hal serupa juga terlihat ketika memasuki Desa Kebon, Culik hingga Desa Purwa Kerti.

Begitu memasuki areal Pantai, para pengiring yang diperkirakan mencapai belasan ribu ini menjadikan pantai Amed seperti lautan manusia. Sementara itu, setelah prosesi dan ritual selesai dilaksanakan ida sesuhunan kemudian katuran mantuk dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh panitia. (art/bpn/tim)

Loading...