Ribuan warga Desa Pekraman Gelgel ikuti pemelastian Ide Betare Pura Dasar Bhuana ,Gelgel,Klungkung ke segara Watuklotok
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura,balipuspanews.comMenjelang prosesi Ngusaba Nini di Pura Dasar Buana Gelgel,Klungkung yang puncaknya bertepatan  pada Purnama Kapat Senin (24/92018),warga mengelar ritual melasti ngiring Ida Bhatara Pura Dasar Bhuana Gelgel ke Pantai Watu Klotok.

Melasti diikuti ribuan warga desa Pakraman Gelgel. Desa Pakraman Gelgel terdiri dari desa dinas masing- masing desa Gelgel, desa Kamasan dan Desa Tojan. Selain Ida Bhatara Dasar Bhuana, melasti juga diikuti pralingga dan pratima di Pura Dang Kahyangan dan Pura Dalem yang ada diwilayah Gelgel.

Menurut Bendesa Pekraman Gelgel, Putu Arimbawa kegiatan pemelastian yang digelar merupakan pendahuluan upakara  Pengusabaan Nini.

“ Tujuan dengan digelarnya ritual pemelastian ini untuk menyucikan seluruh pratima dan pralingga sebelum nyejer di Balai Agung Pura Dasar Bhuana Gelgel selama tiga hari,” kata Arimbawa.

Dilain pihak penyarikan desa pakraman Gelgel Made Suryawan menyebutkan, prosesi dipuput oleh Ida Pedande Istri Kediri dari Griya Kamasan, Klungkung. Menurutnya, Ida Bhatara Dasa Bhuana  akan diiringi 12 pralingga dan pratima yang oleh warga setempat disebut Betara Dangka.(Roni)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...