Ringankan Korban Bencana Sulteng, PMI Bali Kirim 20 Relawan

32
Ketua PMI Bali Gusti Bagus Alit Putra melepas relawannya ke Sulawesi Tengah untuk membantu korban gempa dan tsunami

DENPASAR, balipuspanews.com – Palang Merah Indonesia ( PMI) Provinsi Bali melanjutkan misi kemanusian untuk meringankan derita korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah ( Sulteng). Bukti nyata organisasi kemanusiaan itu adalah dengan mengirimkan 20 orang relawannya ke Sulteng.

” Sebayak 20 orang relawan berangkat ke Sulawesi Tegah, Senin (21/1/2019)  sesuai keahlian yang dimilikinya seperti dalam bidang medis, pemulihan psikologis pengungsi, membantu logistik dan kehumasan,” kata Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra dalam acara pelepasan relawan di Denpasar, Minggu (20/1/2019).

Alit Putra menambahkan, para relawan yang dikirim sudah memiliki keahlian dimasing-masing bidangnya dan sudah teruji saat membantu korban gempa di Lombok.

Upaya ini sangat penting dilakukan, sebagai wujud keperdulian PMI Bali dalam hal bantuan kemanusian, dimana PMI masih dipercaya dalam upaya penanggulangan bencana.

Di awal tahun 2019 ini, lanjut mantan bupati Badung itu, PMI Provinsi Bali mendapat dukungan dari TIDES Foundation untuk program pelayanan sosial, dimana mendapat bantuan senilai 25 ribu Dolar Amerika atau kurang lebih Rp 360 juta.

Dari dukungan tersebut, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini diantaranya pelayanan kesehatan, pelayanan PSP, promosi kebersihan dan kesehatan, serta penyerahan bantuan berupa 500 paket “school kit” dan 200 paket “baby kit”.

“Adapun personil yang akan dimobilisasi dalam program ini adalah sejumlah 20 orang selama sepuluh hari penugasan (21-30 Januari 2019) di wilayah terdampak yang terdiri dari jajaran Pengurus, staff, dan relawan,” katanya.

Selain kegiatan diatas, diwaktu yang bersamaan PMI Provinsi Bali juga akan menyerahkan donasi berupa dana sebesar Rp 453,5 juta yang merupakan donasi dari masyarakat Bali untuk masyarakat terdampak di Sulawesi Tengah melalui PMI Provinsi Sulawesi Tengah.

” Penyerahan donasi ini melanjutkan donasi sebelumnya dimana PMI Provinsi Bali telah menyalurkan donasi masyarakat sebesar Rp1 milir melalui PMI Pusat,” ujar Alit Putra yang juga anggota DPRD Bali itu.

Dengan donasi ini, diharapkan dapat membantu pelaksanaan respon bencana untuk masyarakat terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada 20 relawan yang berangkat ke Sulteng, mudah-mudahan dapat membantu secara optimal untuk masyarakat,” kata politikus partai Demokrat tersebut.

Ia juga mengharapkan relawan yang diberangkatkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan tetap menjaga koordinasi dan komunikasi baik dengan internal PMI maupun organisasi/lembaga para pelaku operasi yang ada di lapangan.

” Hal ini penting agar dapat lebih maksimal dalam memberikan manfaat berupa pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak di Sulawesi Tengah,” katanya.

Memasuki masa pemulihan paska terjadinya bencana Gempa bumi dan Tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu, Palang Merah Indonesia masih mendukung pemerintah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan bagi masyarakat terdampak.

Terkait bencana tersebut sebelumnya PMI Provinsi Bali telah mengirim 14 orang yang berasal dari jajaran pengurus, staff, dan Relawan dengan berbagai kompetensi yang dimilikinya seperti logistik, evakuasi, RFl, dan keahlian lainnya.

Selain itu, PMI Provinsi Bali juga membuka posko informasi dan bantuan untuk masyarakat terdampak gempa tsunami Sulawesi Tengah tersebut. ( rls/bas/tim/bpn)

Loading...