Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBerita DuniaRoket Space One Meledak Beberapa Detik Setelah Peluncuran

Roket Space One Meledak Beberapa Detik Setelah Peluncuran

Berita Dunia, Jepang – Kegagalan terjadi dalam peluncuran pertama Roket Space One Di Jepang, Hanya dalam waktu empat detik berlalu dalam peluncuran pertama dari 20 peluncuran yang ingin dilakukan Space One pada akhir dekade ini.

Hanya beberapa saat setelah memulai manuver, roket Korios meledak, menggagalkan impian perusahaan Jepang untuk menjadi yang pertama di negara Asia yang meluncurkan satelit ke orbit.

Masakazu Toyoda, presiden Space One , bertugas memberikan informasi tentang apa yang terjadi: “Roket menghentikan penerbangannya setelah mempertimbangkan bahwa pemenuhan misinya akan sulit”.

Dia tidak memberikan rincian, untuk saat ini, tentang alasan sebenarnya mengapa roket tersebut meledak dan misi tersebut gagal hanya beberapa detik setelah peluncuran di tengah tahap propulsi pertama.

Roket mendeteksi kegagalan dan mampu menghancurkan dirinya sendiri jika terjadi kesalahan.

Space One menjelaskan bahwa prosesnya dilakukan secara otomatis dan hanya sekitar 12 orang yang menjadi bagian dari peluncuran tersebut. Selain itu, roket tersebut akan memiliki mekanisme otomatis sehingga, jika terjadi kesalahan, roket tersebut akan hancur dengan sendirinya jika mendeteksi semacam kesalahan yang tidak mungkin diperbaiki, seperti yang terjadi pada Korios.

BACA :  Capai 71 Persen, Revitalisasi Pasar Umum Negara Target Rampung Sesuai Jadwal 

“Kami tidak menggunakan kata ‘kegagalan’, karena setiap pengujian membawa data dan pengalaman baru untuk tantangan lain,” pembelaan Toyoda pada konferensi pers setelah insiden tersebut. Dia mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan atas apa yang terjadi untuk mengetahui semua detailnya dan mengapa rencana mereka hanya bertahan empat detik.

Untungnya, selain kerusakan material pada roket itu sendiri, Space One menyatakan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dan api yang disebabkan oleh ledakan tersebut dapat padam dalam waktu singkat.

Meski begitu, pertanyaannya sekarang adalah kapan perusahaan Jepang tersebut akan mencoba peluncuran baru dan membuat sejarah di negara tersebut.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular