Jumat, April 19, 2024
BerandaNewsSosialRotary Peduli, Rotary Berbagi

Rotary Peduli, Rotary Berbagi

Karangasem, balipuspanews.com – Organisasi sosial terbesar di dunia, terus berusaha untuk membantu saudara – saudara yang terpaksa mengungsi karena erupsi Gunung Agung.

Dibawah Koordinator DDG Nyoman Suastika, dan penasihat PDG Al Purwa, dan PDG Hanny Arianto, tim PEDULI BENACANA ROTARY terus menggalang dana dari berbagai pihak.

Mengingat kebutuhan paling mendasar adalah toilet, maka Tim Penanggulangan Bencana Rotary memutuskan untuk melakukan prioritas pembuatan toilet di lokasi pengungsian, serta pembuatan SURVIVAL KIT ( perlengkapan Bertahan) yang dibagikan kepada para relawan dari berbagai elemen serta pengungsi yang masih harus bolak balik untuk mengurus ternak ataupun ladangnya. SURVIVAL KIT ini dikemas dalam 1 tas punggung yang berisi : Google, Flyer Penyelamatan Kalau Terjai Hujan Abu, Botol Minuman, Snack, Masker, Jas Hujan, Peluit, dan Senter, sehingga dalam keadaan terjadi hujan abu tiba – tiba atau letusan, maka paling tidak ada perlengkapan yang memadai untuk menyelamatkan diri. Selain itu Tim Rotary dibawah komando lapangan PP Gede Hari juga melakukan sosialisasi akan bahaya abu Vulkanik ke anak – anak SD di wilayah yang terdampak baik di KRB 1 atauoun 2.

Untuk pembuatan toilet dan Survival Kit ini Tim Penanggulangan Bencana Rotary mendapatkan sumbangan dari BPR LESTARI sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), PDG Panudiana Kuhn Rp. 35.000.000,- District 3420 : Rp. 20.000.000,- The ONE LEGIAN Rp. 15.000.000, dan juga dari berbagai unsur. PP Marina dan teman – temannya di Belanda juga menyumbang untuk menyediakan tempat sampah yang memadai untuk tempat pengungsian. Berapapun jumlahnya, yang terpenting adalah kepedulian kita semua kepada sesama, ROTARY PERDULI, ROTARY BERBAGI.

Pada hari Minggu tanggal 22 Oktober, 2017 Tim Rotary menyerahkan Bantuan berupa Toilet Di Banjar Sanggem Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, 4 buah Toilet beserta Kamar Mandi, dan di Pos Dalem Culik Laba Sari Kecamatan Abang sebanyak 4 unit juga. Pembuatan toilet ini dibiayai oleh Rotary dengan melibatkan baik pengungsi maupun warga desa sebagai petugas yang membangun.

Toilet yang diserahkan tersebut adalah toilet permanen dimana apabila nantinya para pengungsi sudah kembali ke rumahnya, maka toilet tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga setempat. Seadng pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober, 2017 diserahkab bantuan 4 unit Toilet di Banjar Pegubugan, Desa Manggis, Kecamatan Abang bantuan dari BPR Lestari.

Tim Rotary dibawah DDG Suastika pada hari Jumat tanggal 17 November, 2017 yang dihadiri juga oleh DISTRICT GOVERNOR D3420, HERMANTO ANGKA juga menyerahkan SURVIVAL KIT kepada Relawan Perawat di RSUD Karangasem. Selain itu DG Hermanto juga melakukan kunjungan ke Bangsal anak dan melakukan kegiatan berbagi kasih. Pada tanggal tersebut Tim juga melakukan kunjungan ke Pos Pengungsian di Banjar Gumung, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis untuk meletakkan batu pertama pembuatan 3 buah toilet.

Pada hari Kamis tanggal 30 November lalu, Tim Rotary kembali menyerahkan bantuan berupa SURVIVAL KIT dan lauk pauk ke Pos Pengungsian di Banjar Tenganan Dauh Tukad, dan Desa Bugbug. Selain itu juga diserahkan 224 set Survival Kit kepada relawan medis dari Puskesmas dan Puskemas Pembantu di RSUD Karangasem.

Dalam setiap kunjungan Tim Rotary menekankan bahwa Rotary yang merupakan Perkumpulan Orang Baik selalu berusaha untuk membantu orang yang membutuhkan. Perduli dan Berbagi adalah motto Rotary yang ditekankan oleh PDG Al Purwa sebagai Penasihat Tim Penanggulangan Bencana. Tim juga berencana untuk membuat toilet lagi di 3 lokasi yaitu : 01. Pos Kelompok Tani Putra Yasa, Banjar Tenganan Dauh Tukad

Kecamatan Manggis : 2 unit, 02. Bale Banjar Tenganan Dauh Tukad Desa Tenganan Kecamatan Manggis : 2 unit dan 03. Banjar Pengawan Desa Sibetan

Kecamatan Bebandem : 3 unit yang meruapakan sumbangan dari PDG Panudiana Kuhn.

Setiap elemen dan organisasi social di Bali berusaha membantu saudara – saudara kita di Pengungsian, dan ROTARY sebagai organisasi social juga ingin ikut serta dalam berbuat kebaikan.

Sekiranya para pembaca mempunyai : buku gambar dan pensil (walaupun tidak baru), buku tulis, buku cerita Bahasa Indonesia bekas, pakaian pantas pakai, boneka atau mainan pantas pakai, mohon dapat sekiranya disumbangkan baik lengsung maupun melalui Rotary dimana Tim Rotary membuka DROP POIN di :
01. RESTORAN PELANGI, Jl. Dewi Sri No. 7X, Kuta
02. Jl. Kemudra No. 6, Gatsu, Denpasar
03. Jl. Danau Tamblingan VI No. 1, Taman Griya, Jimbaran
04. WARUNG KAMPUNG RENON, Jl. Cok Agung Tresna, Denpasar
Dan sumbangan uang dapat dikirimkan ke rekening :

YAYASAN ROTARY CLUB BALI KUTA
BCA KCP MAHENDRADATA
NO. ACCOUNT : 6485399996
Untuk informasi mohon hubungi ke WA :
JULIA : 081236920003
SUZANA : 08123803299
WANDA : 08123816194
Marilah kita sama sama berbagi untuk saudara – saudara kita yang membutuhkan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular