Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Bali Klungkung RSU Klungkung Siapkan Alat EEG bagi Penderita Epilepsi

RSU Klungkung Siapkan Alat EEG bagi Penderita Epilepsi

SEMARAPURA, balipuspanews.com-
Dibawah kepemimpinan Dirut RSU Klungkung, dr Nyoman Kesuma secara perlahan tapi pasti dalam kondisi penanganan kesehatan di RSU Klungkung terus ditingkatkan.

Seperti tahun ini RSUD Klungkung mengadakan alat kesehatan penunjang diagnostik untik para penderita  penyakit saraf otak berupa Elektro Enchepalography atau EEG yang lebih canggih dibandingkan alat EEG yang ada sebelumnya.

Menurut dokter asal Nusa Penida ini menyatakan, alat ini berfungsi merekam gelombang listrik pada otak, sehingga  penyakit yang dialami pasien bisa lebih dini diketahui kelainan saraf otaknya yang terganggu.

“Alat canggih ini sangat berguna untuk mengetahui penyebab kejang kejang seperti  pada penderita penyakit epilepsi,”jelasnya.

Lebih jauh secara detail dijelaskan bahwa alat EEG juga berperan dalam menegakkan diagnosa dan terapi penyakit tumor otak, kerusakan otak akibat cedera kepala, disfungsi otak yang dapat memiliki berbagai penyebab (ensefalopati), peradangan otak (ensefalitis), trauma pada kepala, dan gangguan tidur.

Sementara terkait biaya untuk pemeriksaan ini bagi peserta jaminan kesehatan nasional ditanggung dalam paket klaim layanan pasien oleh BPJS kesehatan sedangkan untuk pasien non JKN dikenakan tarif yang tidak terlalu mahal sesuai Peraturan Bupati nomor 37 tahun 2017.

“Alat ini merupakan alat EEG  yang paling canggih yang hanya dimiliki oleh RSUD Kabupaten Klungkung untuk kawasan Bali Timur sehingga banyak pasien dari RS lain dirujuk ke RSUD Klungkung untuk mendapatkan pemeriksaan EEG ini,” ujar dr Nyoman Kesuma optimis.

Penulis/Editor : Roni/Oka

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of