Ruang Tahanan Digeledah, Petugas Temukan Barang Terlarang

Petugas Rutan kelas II B Negara daat melakukan penggeledahan ke blok yang dihuni oleh penghuni rutan baik narapidana maupun tahanan
Petugas Rutan kelas II B Negara daat melakukan penggeledahan ke blok yang dihuni oleh penghuni rutan baik narapidana maupun tahanan

JEMBRANA, balipuspanews.com– Kepala Rutan kelas ll B Negara yang baru Lilik Subagiyono mulai melakukan gebrakan. Pada Selasa (29/11/2022) malam Lilik langsung memimpin anggotanya untuk melakukan penggeledahan ke blok yang dihuni oleh penghuni rutan baik narapidana maupun tahanan.

Dalam melakukan pemeriksaan blok ruang warga biaan itu, Lilik didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, I Nyoman Sudiarta, beserta 24 orang yang terdiri dari petugas pengamanan, satops patnal dan CPNS.

Penggeledahan ini dilakukan untuk mencari apakah ada warga binaan yang membawa barang terlarang seperti senjata tajam serta narkoba.

Penggeledahan sesuai SOP yang berlaku itu, anggota dibagi menjadi dua kelompok yang menyisir area open camp dan blok hunian warga binaan.

Diawali dengan penggeledahan badan warga binaan lalu menggeledah seluruh area blok hunian baik pakaian, tempat tidur dan penyimpanan barang lainnya guna mencegah adanya barang-barang terlarang yang terselip.

Hasil penggeledalahan itu ditemukan berbagai barang terlarang seperti benda tajam berupa gunting, cutter, paku, sendok-garpu, obeng, serta barang pecah belah. Barang-barang tersebut langsung disita dari dalam kamar hunian untuk dimusnahkan.

Selain barang-barang tersebut, juga diamankan sejumlah kartu remi, kabel, dan domino. Sementara untuk alat komunikasi dan juga barang terlarang seperti miras dan narkoba tidak ditemukan dalam penggeledahan tersebut.

“Kegiatan ini untuk meminimalisir barang-barang terlarang dari kamar warga binaan yang mungkin saja dapat mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban,” ujar Lilik Subagiyono.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan