Rumah Ambrol Telan 4 Nyawa, Polisi  Periksa 12 Saksi

Puing puing rumah masih belum dibersihkan

Gianyar, balipuspanews. com – Kasus rumah ambrol ke Sungai Tiyis, di Gang Taman Beji IV, Banjar Sasih, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar yang makan 4 korban jiwa  meninggal dunia, kini polisi terus melakukan pendalaman dan membidik siapa yang bersalah dalam musibah ini.Hingga saat ini pihak kepolisian Polres Gianyar sudah memeriksa 12 orang sebagai saksi.

Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo didampingi Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Deny Septiawan, Senin (17/12) menyatakan atas musibah tanah longsor dan mengerus rumah di Banjar Sasih, Sukawati, Gianyar polisi sudah minta 12 orang sebagai saksi.Ke- 12 orang saksi yang diperiksa polisi diantaranya tetangga korban, pihak bank tempat korban minjam uang, pemilik tanah awal, pengembang hingga kontraktor.

Dimana pihak bank yang periksa terkait pembayaran kredit, hingga kontraktor yang ternyata kontraktor perorangan.

Kapolres  Gianyar mengungkapkan usai melakukan pemeriksaan para saksi akan segera melakukan gelar kasus.

Mantan Kapolres Jembrana ini memperkirakan pihaknya yang membangun rumah tersebut bisa menjadi  pelaku utama dalam kasus ini.

Kapolres Gianyar, AKBP Priyanto Priyo Hutomo menambahkan para tetangga korban yang rumahnya mengalami retak-retak melalui himbauan langsung kepada pemiliknya dan melalui arapat setempat untuk meninggalkan rumah untuk mengungsi ketempat yang lebih aman.

Mantan Kapolres Jembrana menghimbau kepada masyarakat yang tiangkat didaerah bahaya rawan longsor dihimbau kesadarannya dalam musih ini untuk mengungsi ketempat yang lebih aman.

Kapolres juga menghimbau masyarakat luas, untuk waspada bila tinggal pad bangunan yang ada di sempadan sungai atau pinggir tebing. Terlebih masih ada sejumlah lokasi di kabupaten Gianyar, dimana bangunan berada tepat di sempadan sungai.

Berkaca dari musibah ini, Kapolres Gianyar berharap kepada instansi terkait Pemkab Gianyar lebih selektif dalam memberikan ijin mendirikan bangunan (IMB). (art/bpn/tim)