Rabu, Februari 28, 2024
BerandaKlungkungRutan Klungkung Over Load, 11 Tahanan Dipindahkan

Rutan Klungkung Over Load, 11 Tahanan Dipindahkan

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Rumah Tahanan Kelas II B Klungkung saat ini kondisinya sudah overload. Jumlah warga binaan, bahkan dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas rutan. Padahal belum lama ini, Rutan Kelas II B Klungkung telah memindahkan 11  warga binaan ke rutan lainnya.

Plt Kepala Rutan Kelas II B Klungkung,  I Putu Suwarsa, menjelaskan, saat ini terdapat 121 warga binaan di rutan Kelas II B Klungkung. Padahal kapasitas rutan idealnya dihuni 49 orang.

“Jadi saat ini kapasitas di Rutan Kelas II B kalau dipersentase 246 persen. Ada 121 warga binaan, terdiri dari 21 orang tahanan dan 100 orang narapidana,” ujar I Putu Suwarsa.

Dengan kondisi itu, rata-rata kamar di Rutan Kelas II B dihuni oleh 8 orang sampai 10 orang. Sementara jumlah kamar sebanyak 14, dengan 13 kamar untuk warga binaan pemasyarakatan laki-laki dan 1 kamar hunian untuk warga binaan perempuan.

“Saat ini hunian sudah sangat maksimal. Dalam artian, seluruh warga binaan  dapat tinggal dalam kamar dengan nyaman, namun sudah tidak dapat menerima tambahan,” ungkapnya.

BACA :  Hujan Deras, Air Turun Dari Bukit Pura Pulaki Layaknya Air Terjun Alami

Meskipun demikian, menurutnya saat ini pelayanan rutan kepada warga binaan pemasyarakatan saat ini tetap  terlaksana dengan baik. Seluruh hak-hak dasar warga binaan tetap dapat dilayani dengan baik. Misalnya dengan pemberian jatah makan, pelayanan kesehatan, pelayanan kunjungan keluarga dan titipan dari keluarga tetap dapat dilaksanakan sesuai standar pelayanan yang telah ditentukan.

“Khusus untuk pelayanan kesehatan kami memiliki kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung. Pemeriksaan warga binaan dilaksanakan setiap sebulan sekali. Kami juga menambah sarana prasarana komunikasi berupa layanan wartel khusus pemasyarakatan, yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Sehingga komunikasi antara warga binaan dan keluarganya tetap terjalin dengan baik,” jelas Putu Suwarsa.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular