Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarSambut Nyepi, Satgas Pangan dan Kepolisian Monitoring Pasar Badung

Sambut Nyepi, Satgas Pangan dan Kepolisian Monitoring Pasar Badung

DENPASAR, balipuspanews.com – Satuan Tugas (satgas) Pangan Polresta Denpasar bersama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar melakukan monitoring dan pengecekan harga kebutuhan pokok khususnya sembako di Pasar Badung, pada Senin (20/3/2023).

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan semua harga sembako stabil menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 dan Bulan Ramadhan 1 syawal 1444 H.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Plt Kasat Reskrim Polresta Denpasar AKP Wiastu Andre.SH bersama Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

Setelah di cek, terpantau harga kebutuhan pokok perhari ini Selasa 20 Maret 2023 di Pasar Badung yakni beras premium 13.500, Beras medium 12.500, beras bulog 8.300, gula pasir 14.000, bawang merah 30.000, bawang putih 30.000, cabai kecil 70.000, cabai besar 30.000, minyak goreng kemasan 18.000, minyak curah 16.000, daging babi 85.000, daging ayam 33.000, daging sapi 120.000 dan telur 27.200,

Usai melakukan pengecekan AKP Andre mengatakan bahwa Satgas Pangan melakukan monitor dan mengawasi suplai bahan pokok ini sesuai dengan arahan Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, SH.,SIK.,M.Si.,

BACA :  Bayer Leverkusen Mengincar Sejarah Bundesliga Tim Tak Terkalahkan

“Bapak Kapolresta Denpasar meminta untuk melakukan pengawasan maksimal. Kita melakukan upaya penegakan hukum bagi pelanggar, Misalnya menahan distribusi atau menaikan harga dengan ketetapan pemerintah. Saya mengajak para pelaku pasar untuk tidak nakal dan merugikan masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan sampai saat ini semua harga dan stok pangan masih stabil dan Polresta Denpasar terus melakukan pemantauan dan setiap Minggu Polresta Denpasar melakukan evaluasi dan di mabes setiap bulan sekali.

“Kegiatan hari ini dalam rangka untuk mencegah permainan harga dan lainnya. Kami dari kepolisian serius memerhatikan ini karena bisanya harga pangan selalu naik setiap hari besar keagamaan. Jangan sampai tak terkendali, makanya kami melakukan pengawasan,” tuturnya.

Keterangan yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan ketahanan pangan Drh. Ida Bagus Mayun Suryawangsa menyampaikan bahwa saat ini harga bahan kebutuhan pokok menjelang Nyepi dan bulan pulas masih stabil.

Sementara bahan pokok yang berfluktuasi adalah cabai, bawang, dan tomat. Sedangkan yang lain masih stabil. Dia mengaku ada kenaikan harga, tetapi sedikit, tidak lebih dari 5 persen.

BACA :  Koster Beri Kuliah Umum di Universitas Warmadewa

“Stok setiap hari kita pantau. Sampai saat ini stok aman. Ketersediaan bahan pokok maupun bahan pangan strategis mencukupi kebutuhan. Kita sudah melakukan berbagai upaya agar stabil. Misalnya pasar murah dan operasi pangan dalam rangka pengendalian harga pangan,” terang Mayun.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular