Kamis, Maret 28, 2024
BerandaGianyarSampai Pertengahan Tahun, Lima Layangan Sebabkan Listrik Padam di Gianyar

Sampai Pertengahan Tahun, Lima Layangan Sebabkan Listrik Padam di Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com- Gangguan layangan menjadi salah satu penyebab terganggunya pelayanan layanan PLN di Kabupaten Gianyar, Bali. Sejak Januari hingga 27 Juli 2021, hal ini sudah terjadi sebanyak lima kali. Nilai kerugian yang dialami akibat terganggunya jaringan itu sebesar Rp 4,3 juta. Selain itu, akibat satu layangan yang tersangkut dapat mengakibatkan padamnya lampu mencapai 30 menit, serta merupakan puluhan gardu.

 

Humas PLN Bali Timur, Donald Manurung, Selasa (27/7/2021) mengatakan, gangguan jaringan akibat layangan menjadi salah satu yang menjadi perhatian pihaknya. Sebab gangguan ini hampir terjadi setiap tahun. Bahkan di Kabupaten Gianyar sendiri, kata dia, dari Januari hingga Juli 2021, tercatat ada lima kali kejadian mati listrik akibat layangan. Total kerugian dari lima kejadian itu Rp 4,3 juta.

 

“ Untuk Gianyar jumlah gangguan akibat layang-layang dari Januari sampai 27 Juli 2021 sebanyak 5 kali. Hari ini gangguan layangan ditemukan di sebelah timur cocomart Batuyang, Sukawati,” ujarnya.

 

Kata dia, gangguan akibat layang-layang bukan hal sepele. Seperti pada kasus di Batuyang ini, akibat satu layangan sudang yang ukurannya tak lebih dari satu meter, mengakibatkan 51 unit gardu distribusi terganggu, dan menyebabkan padamnya listrik sekitar 31 menit.

BACA :  Belasan Travel Bodong Terjaring Operasi

 

“Sebanyak 51 gardu distribusi terdampak akibat gangguan ini. Padam paling lama dirasakan pelanggan di daerah Banjar Sasih, Batuyang dan seputaran terminal Batubulan selama 31 menit dengan kerugian PLN akibat gangguan ini sekitar 4.3 juta,” tandasnya.

 

Donald mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah mengantisipasi hal ini dengan melakukan sosialisasi pada Maret 2021 lalu ke kantor desa, camat se Kabupaten Gianyar. Dalam sosialisasi itu, pihaknya meminta agar pejabat setempat mengimbau warganya agar tidak bermain layangan di dekat jaringan PLN.

 

“ PLN Gianyar dari bulan Maret 2021 sudah berupaya melakukan sosialisasi bahaya layangan ke kantor desa dan kantor camat di seluruh Kabupaten Gianyar,” tandasnya.

 

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular