Rabu, Juli 24, 2024
BerandaNewsSanjaya: Semua Harus Berbahagia, Negeri Ini Disatukan Pancasila

Sanjaya: Semua Harus Berbahagia, Negeri Ini Disatukan Pancasila

TABANAN, balipuspanews.com– DPC PDIP Tabanan memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor DPC PDIP Tabanan, Kamis (1/6/2023). Ketua DPC Dr. Komang Gede Sanjaya memimpin upacara yang dihadiri segenap pengurus DPC, Fraksi, PAC dan anak ranting moncong putih.

Dalam kesempatan itu, Sanjaya menyampaikan, peringatan Hari Lahirnya Pancasila sangat penting dilakukan setiap tahunnya. Disamping untuk mengenang sejarah hari lahirnya Pancasila sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, juga sebagai upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa NKRI.

“Kita bersama patut bersyukur karena hari ini diberi kesehatan dan kekuatan mengikuti upacara bendera. Ini merupakan sebuah amanah dan kewajiban kita selaku kader partai dan selaku anak bangsa yang diamanatkan oleh Ibu Megawati, serentak di seluruh Indonesia untuk melaksanakan upacara bendera di kantor sekretariat masing-masing,” ujarnya.

Bahkan, menurut Sanjaya selaku Pengurus Partai yang duduk di eksekutif dan juga di legislatif, bisa kompak hadir berfokus serta berpusat di kantor DPC adalah merupakan kewajiban.

BACA :  Polisi Gelar Patroli di Sepanjang Titik Rawan Kejahatan, Sasaran Bawa Sajam

Hal ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kegiatan, sehingga segenap pengurus partai dari Kabupaten hingga Desa wajib hadir, begitupun dengan kader, simpatisan maupun sayap partai.

“Jadi, kita selaku generasi harus tetap menggelorakan peringatan ini karena sudah merupakan amanah. Hari ini kita patut berbahagia dan berbangga negeri ini bisa disatukan berkat Pancasila. Dimana Pancasila diproklamirkan oleh Bung Karno, patut kita syukuri. Mudah-mudahan di tahun ini dan juga tahun depan ada hajatan politik, kita tetap solid dan bersatu membangun bangsa,” imbuh Sanjaya.

Menariknya, selain pengibaran bendera, seluruh peserta memakai pakaian adat serta melaksanakan upacara bendera dengan serius dan khidmat yang saat itu juga nampak diikuti oleh seluruh organisasi sayap partai, khususnya yang ada di Tabanan.

Menurut Sanjaya, dengan menggunakan pakaian adat adalah sudah merupakan tradisi untuk menghargai kebhinekaan. Apalagi di Bali sudah ada Perda, selain hari kamis, purnama tilem dan hari-hari besar berpakaian adat untuk menunjukan bahwa kita adalah bangsa yang mencintai kebhinekaan serta tradisi adat dan budaya yang adiluhung yang dimiliki di masing-masing daerah.

BACA :  Khawatirkan Dampak Makanan dan Minuman di Kantin Sekolah, Orang Tua Siswa Minta Pemkab Karangasem Buat Regulasi

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular