Komang Gede Sanjaya Ketua DPC PDIP Tabanan
Komang Gede Sanjaya Ketua DPC PDIP Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Dicopotnya jabatan fraksi dan alat kelengkapan dewan lima kader PDIP serta peringatan keras terhadap satu anggota fraksi PDIP di DPRD Tabanan mendapat perhatian serius dari ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM.

” Saya sangat menyayangkan ini terjadi pada kader kami. Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang kembali dan bisa dijadikan pembelajaran bagi kader kami yang lainnya,” ujar Sanjaya saat dihubungi via aplikasi whatsapp pribadinya Kamis (16/1/2020).

Politikus moncong putih yang juga ketua DPC PDIP Tabanan itu menegaskan, sikap menyayangkan ini dikarenakan sebelumnya Ketua Umum PDIP yakni Ibu Mega menyampaikan dihadapan kadernya bahwa PDIP sekarang adalah partai pelopor.

“Sebagai partai pelopor artinya PDIP menjadikan disiplin bagi setiap kadernya adalah nomer satu. Ini sangat penting dan diutamakan untuk menjalankan roda kepartaian,” jelasnya.

Apalagi kata pria yang mendapatkan.gelar doktor di IHDN Denpasar itu, tema Rakenas di Jakarta dalam HUT ke- 47 PDIP kemarin adalah “Solid Bergerak”.

“Artinya, kader harus menjaga kedisiplinanya dan tidak boleh pecah. Semua kader wajib kompak bersatu padu menjalankn amanah rakyat,” sebutnya.

Sementara itu, menindaklanjuti perintah DPD PDIP Bali untuk mengganti lima kadernya yang dicopot karena alasan indisipliner pihak DPC PDIP Tabanan langsung mengadakan pergantian agar tidak mengganggu kinerja dewan.

Menurut Sanjaya, sesuai perintah DPD PDIP Bali, kadernya tersebut diberhentikan dari jabatannya di fraksi maupun jabatannya dalam AKD. Penggantian ini tertuang dalam surat DPC PDIP Tabanan dengan nomor : 010/ IN/ DPC-03.09/I/ 2020 tertanggal 16 Januari 2020

Adapun kelima kader PDIP yang diberhentikan dari jabatannya dan penggantinya sebagai berikut
I Wayan Widnyana, S.Sos dengan jabatan Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabanan diganti Ni Made Dewi Trisnayanti, SH. Kemudian I Made Suardika (Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Tabanan) diganti oleh Ni Made Suryani, I Wayan Sudiana, SE., (Sekretaris Komisi III DPRD Tabanan) diganti Putu Yuni Widyadnyani, SS., I Made Suarta, SH (Ketua Komisi IV DPRD Tabanan) diganti oleh I Gusti Komang Wastana, S.Pd dan I Made Edi Wirawan, SE (Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabanan) diganti oleh A.A. Sagung Ariani, ST.MM Sedangkan posisi I Gusti Komang Wastana pada jabatan sebelumnya diganti oleh Ni Made Rahayuni, S.Sos.(rah/bas/tim/bpn)