Santunan Kematian Pasien Covid-19 Dibatalkan

Kadis Sosial Pemkab Jembrana dr I Made Dwipayana
Kadis Sosial Pemkab Jembrana dr I Made Dwipayana

NEGARA, balipuspanews.com – Harapan keluarga pasien meninggal karena terpapar Covid-19 kandas. Menyusul keluarnya Surat Edaran baru dari Kementrian Sosial RI No. 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tanggal 18 Februari 2021 tentang rekomendasi dan usulan santunan ahli waris korban meninggal akibat Covid-19 sehingga membuat usulan rekomendasi santunan itu dibatalkan.

Kadis Sosial Pemkab Jembrana dr I Made Dwipayana, Senin (22/2/2021) mengatakan, dirinya kaget dengan keluarnya SE tersebut.

Dalam SE disebutkan pada anggaran tahun 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal akibat Covid-19 ahli waris pada Kementerian Sosial RI sehingga terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh Dinsos Provinsi/Kabupaten/Kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti.

Padahal dari Provinsi sudah semangat melakukan verifikasi yang juga gencar difasilitasi Dinas Sosial Jembrana. bahkan usulan yang sudah diverifikasi sudah kami juga sudah kirim ke Dinas Sosial Provinsi.

Untuk di Jembrana ada 20 uusulan santunan santunan kematian pasien Covid-19 yang disusulkan oleh ahli waris ke Dinas Sosial Provinsi Bali.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat Jembrana terutama keluarga yang kerabatnya meninggal dunia akibat Covid-19, dengan adanya surat dari pusat yang kami terima hari Sabtu (19/2/202) tersebut usulan santunan tidak dapat kami tindak lanjuti,” ujarnya.

Penulis : Anom Suardana

Editor : Oka Suryawan