Sarang Diganggu, Kawanan Lebah Beracun Serang Warga dan Sapi di Karangasem

Nampak warga bersama petugas Kadisdamkartan Karangasem sedang melihat lokasi areal keberadaan lebah beracun
Nampak warga bersama petugas Kadisdamkartan Karangasem sedang melihat lokasi areal keberadaan lebah beracun

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kawanan lebah beracun yang oleh warga Bali disebut nyawan dengdeng ai menyerang warga dan ternak Sapi di Banjar Dinas Bukit Kaler, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem.

Informasi yang diperoleh, dua orang warga I Nyoman Mahendra,38, dan I Made Mandra,58, menjadi korban keganasan kawanan lebah tersebut. Bagian wajah keduanya terlihat bengkak.

“Dua orang ini sampai tidak bisa kerja dari kemarin karena disengat, mamang sengatan lebah jenis ini dikenal cukup berbahaya, posisi sarang lebah pada pohon tinggi, memang jarak pohon dengan rumah dan kandang ternaknya cukup dekat,” ujar Kadisdamkartan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah dikonfirmasi media ini, Senin (21/11/2022).

Selain menyerang dua orang warga, kawanan lebah juga menyerbu lima ekor ternak sapi yang ada di lokasi tersebut. Parahnya, salah satu dari lima ekor Sapi yang menjadi korban kini kondisinya lumpuh.

Baca Juga :  Pensiunan Guru SMP Ternama Ini Sebut JKN Sangat Bermanfaat

“Dari 5 yang disengat, 1 Sapi jantan seharga belasan juta saat ini dalam kondisi lumpuh dan sudah kami sarankan untuk mencari dokter hewan,” imbuhnya.

Diduga kawanan lebah tersebut mengamuk karena sarangnya diganggu oleh burung pemangsa, sehingga mereka turun dan menyerang warga.

Sementara itu, proses evakuasi sarang lebah belum bisa di lakukan karena posisi sarang yang berada cukup tinggi di atas pohon.

“Sementara kami sarankan agar menyalakan api dekat kandang dan mematikan lampu sehingga lebah tidak menyerang lagi,” kata Siki Ngurah.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan