Sasih Kedasa, Nelayan di Pantai Lebih Enggan Melaut

36
Nelayan mulai jarang melaut

GIANYAR, balipuspanews.com- Balipuspanews.com, Nampak banyaknya kapal nelayan yang di nampak dinambatkan di pesisir Pantai Lebih, Desa Lebih, Kabupaten Gianyar, Senin (11/3) Pagi.

Diungkapkan oleh salah seorang nelayan di Pantai lebih I Ketut Mudra bahwa nelayan di sekitaran pesisir lebih enggan untuk melaut dan lebih baik menambatkan perahunya karena minggu ini tangkapan ikan nihil, Ketut Mudra menyebutkan ini memang sering terjadi mengingat saat ini adalah sasih kedasa menurut kalender bali.

“Saat ini sasih kedasa, banyak nelayan yang enggan melaut dan lebih memilih diam dirumah karena tidak mendapatkan ikan saat melalut,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa nelayan tidak mendapatkan hasil tangkapan saat melaut mulai dari hari sabtu (9/3) karena sudah memasuki sasisih kedasa.

“Dari hari sabtu (9/3) sudah nihil tangkapan, itu sudah masuk ke sasih kedasa,” katanya.

Bila melaut pada hari-hari biasa, dirinya mengaku bahwa dapat membawa hasil tangkapan mencapai 30 hingga 50 kg sekali melaut.

“Tiang sekali melaut kira kira 30 sampai 50 kilogram dapat kalau hari biasa,” ungkapnya.

Nelayan di pesisir pantai berharap agar cuaca membaik dan mereka dapat kembali melaut dengan tangkapan yang mencapai harapan. (Catur/bpn/tim).

Loading...