Satpol PP Ciduk Usaha Laundry di Nusa Penida yang Buang Limbah ke Laut

Satpol PP Klungkung saat melakukan sidak ke usaha laundry di Batumulapan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang diketahui buang limbah ke laut
Satpol PP Klungkung saat melakukan sidak ke usaha laundry di Batumulapan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang diketahui buang limbah ke laut

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dalam upaya penertiban usaha yang perkembangannya sangat pesat di Kecamatan Nusa penida, Kabupaten Klungkung terutama pencemaran lingkungan atas pembuangan limbah usaha mendapat atensi Satpol PP Kabupaten Klungkung.

Adanya info pembuangan limbah ke laut, Satpol PP, pada Kamis (17/11/2022) lalu, mengadakan sidak pada beberapa usaha restoran dan usaha laundry yang dilakukan secara acak.

Kasatpol  PP Klungkung Putu Suarta saat dihubungi, Rabu (23/11/2022), membenarkan jajarannya secara khusus melakukan sidak penertiban di kawasan Nusa Penida.

Saat digelarnya sidak ini, tim dipimpin langsung oleh kasat pol PP & PMK kabupaten Klungkung I Putu Suarta, SH, MM, hadir pula saat itu dari kajaran TNI, Kepolisian, Kecamatan Nusa Penida.

Baca Juga :  Disdukcapil Denpasar Raih Penghargaan Pelayanan Prima

Menurut Putu Suarta, saat dilaksanakan sidak ditemukan tempat usaha laundry di Dusun Batumulapan. Dari hasil pemantauan bahwa usaha ini membuang limbah bekas cucian ke laut.

“Karena sudah terbukti buang limbah  langsung secara persuasif kita berikan pemahaman agar tidak lagi membuang limbah cucian loundrynya ke laut,” ungkapnya.

Selanjutnya Tim Satpol PP melanjutkan sidak ke salah satu Penginapan di Dusun Batumulapan. Ditempat ini tim dari hasil pemantauan bahwa tempat penampungan WC nya (Sepiteng) tidak memenuhi standar, juga diberikan pembinaan langsung.

Dari kelanjutan sidak, tidak luput pula salah satu rumah makan di Dusun sental Desa Ped dengan hasil pemantauan bahwa tempat tersebut membuang air limbah usahanya (bekas cucian) ke pantai.

Baca Juga :  Bintang Belgia Eden Hazard Pensiun Dari Sepak Bola Internasional

“Dari selama kegiatan sidak yang dilakukan dengan mengambil beberapa jenis usaha ditemukan 2 usaha laundry dan tiga usaha restoran/rumah makan tidak memiliki sepiteng dan pengolahan limbah sehingga membuang limbah ke laut,” ujar pria yang juga menjabat Ketua PHDI Kabupaten Klungkung ini sesalkan.

Dirinya berharap kepada para pemilik laundry yang telah diberikan surat pembinaan dan pemilik Restoran disarankan agar ada data pengontrol  limbahnya.

Selanjutnya kepada masyarakat diharapkan jangan sampai usaha yang dilakukan mencemari lingkungan.

“Jangan buang limbah sembarangan, mari kita tetap jaga lingkungan kita agar tetap lestari, hindarkan pemakaian plastik sekali pakai,” pungkasnya.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
balipuspanews android aplikasi
sewa mobil termurah dibali
sewa motor matic murah dibali