Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarSatpol PP Kota Denpasar Lakukan Penertiban di Pasar Rakyat dan Pasar Tumpah 

Satpol PP Kota Denpasar Lakukan Penertiban di Pasar Rakyat dan Pasar Tumpah 

DENPASAR, balipuspanews.com – Hari kedua penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal, Satpol PP Kota Denpasar melakukan penertiban terhadap kepatuhan penerapan protokol kesehatan di pasar rakyat dan pasar tumpah yang ada di Kota Denpasar.

Kasatpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga saat dihubungi Jumat (10/7/2020) mengatakan, penertiban kali ini dilakukan di Pasar Sanglah, Pasar Pemeregan dan Pasar Ketapian.

Lebih lanjut ia mengatakan, penertiban ini merupakan bagian dari penegakan peraturan tentang protokol kesehatan untuk menekan penularan Covid-19.

Dijelaskan, pihaknya membuat pos pantau di beberapa titik pasar terutama yang sulit untuk dikendalikan, dengan melibatkan unsur-unsur terkait lainnya seperti Babinsa, Babinkambtibmas, pengelola pasar dan unsur desa adat yang mewilayahi pasar rakyat tersebut.

Saat ini penertiban pasar tumpah pihaknya dibantu oleh pihak Palang Merah Indonesia dengan melakukan penyemprotan desinfektan menggunakan mobil.

Adapun pembubaran pasar tumpah atau kerumunan yang tidak bisa terkendali ini sangat efektif dilakukan dengan penyemprotan disinfektan.

“Ketika ada kerumunan yang tidak terkendali, upaya yang efektif membubarkan adalah dengan penyemprotan desinfektan,” jelasnya.

BACA :  Gandeng Badan Zakat Nasional Denpasar, OJK Bali Beri Edukasi Keuangan Syariah

Pihaknya mengaku telah melakukan pembinaan bagi yang melanggar, meskipun demikian ternyata ada masih pedagang yang membandel.

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah sidang tipiring untuk memberikan efek jera.

Dari sekian kali penertiban Sayoga mengaku ada 5 orang yang akan di Sidang Tipiring. Dimana, dari 5 orang tersebut Sayoga mengaku telah melakukan pelanggaran beberapa kali dan telah mendapat pembinaan dari berbagai pihak seperti Disperindag Kota Denpasar, Dinas Perhubungan.

“Untuk menekan penularan Covid-19, sosialisasi terus dilakukan kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” katanya.

Penulis : Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular