Satu Narapidana Perkara Perjudian di Lapas Singaraja Dapat Remisi Khusus 15 Hari

Penyerahan SK remisi khusus kepada warga binaan dengan perkara perjudian di Lapas Singaraja
Penyerahan SK remisi khusus kepada warga binaan dengan perkara perjudian di Lapas Singaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Bertepatan dengan Hari Raya Waisak, Lapas Kelas IIB Singaraja, Senin (5/6/2023), menyerahkan remisi khusus kepada satu dari dua orang narapidana beragama Budha. Remisi khusus 15 hari tersebut didapatkan oleh narapidana dengan perkara perjudian.

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, I Wayan Putu Sutresna menyampaikan remisi khusus diberikan dengan memperhatikan ketentuan yang sudah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Maka remisi khusus yang diberikan kepada narapidana dengan perkara perjudian ini diharapkan bisa memberikan semangat serta kebahagiaan di Hari Raya Waisak tahun ini.

“Kami berharap pemberian remisi ini dapat memberikan dampak positif dalam proses rehabilitasi narapidana dan memperkuat ikatan sosial mereka. Kita harap semangat toleransi dan keadilan juga tetap terpupuk di dalam Lapas,” harap Sutresna ditemui usai penyerahan SK remisi.

Baca Juga :  Diseruduk Kontainer, Pick Up Terjepit

Selain itu, pemberian remisi kata Sutresna merupakan bentuk upaya pemerintah dalam menciptakan sistem pemasyarakatan yang adil dan manusiawi. Dalam UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, pemberian remisi kepada narapidana diatur secara terperinci, termasuk pemberian remisi khusus dalam rangka merayakan hari raya agama tertentu.

Maka berdasarkan sejumlah pertimbangan dari pihak Lapas dari dua orang narapidana yang beragama Budha. Hanya ada satu orang yang diusulkan sedangkan satunya yakni merupakan warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat berinisial DBP dengan perkara Narkotika tidak diusulkan.

“Semoga semangat Hari Raya Waisak dapat membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi warga binaan yang merayakannya,” pungkas Wayan Sutresna.

Baca Juga :  Rumah Warga di Pengulon Ludes Terbakar Saat Ditinggal ke Kebun

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan