Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBulelengSave Deer Island untuk Pulau Menjangan

Save Deer Island untuk Pulau Menjangan


BULELENG, balipuspanews.com– Pulau Menjangan merupakan salah satu aset berharga dan terpendam milik Kabupaten Buleleng yang sangat perlu diperhatikan, dilestarikan, dan tetap dijaga kesuciannya
untuk keberlanjutannya ke depan.

Melalui kolaborasi bersama Yayasan Maradjingga Bangkit Sejahtera (MBS) Dr. dr Ketut Putra Sedana menggagas gerakan peduli dan perlestarian Pulau Menjangan yang bertajuk “Save Deer Island”.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan MBS, Made Sukawardika mengatakan kegiatan dilaksanakan berangkat dari kesadaran sebagai salah satu komunitas masyarakat ingin bisa berperan dalam melestarikan Pulau Menjangan ke depan agar tidak terjadi penyesalan akibat tekanan ekonomi berlebihan.

Diharapkan melalui langkah nyata yang dilakukan secara bertahap bekerjasama Komisi IV DPR RI yang membawahi bidang lingkungan hidup untuk mengembangkan kawasan ini menjadi wisata ekologi.

“Kami berusaha untuk mengantisipasi dan menghindari penyesalan di masa depan jika Pulau Menjangan hancur akibat tekanan ekonomi yang berlebihan. Sehingga dengan gerakan ini mudah-mudahan meningkatkan kepedulian Pulau Menjangan,” harapnya saat dikonfirmasi usai acara diskusi terbatas di Desa Sumberkelampok, Kecamatan Gerokgak, Minggu (23/6/2024).

BACA :  Bedah Tiga Isu Strategis, Tim Kantor Staf Presiden Hadir di Bali

Sementara itu, Penjabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Wiwin Arpiyanto menyampaikan ke depannya berbagai upaya konservasi akan dilakukan di Pulau Menjangan. Upaya itu seperti langkah untuk menghilangkan spesies tumbuhan yang bukan asli yang dapat mengganggu hewan utamanya rusa di Pulau menjangan.

Selain itu pihaknya akan fokus terhadap ancaman kegiatan di seputar perairan. Sehingga langkah itu bisa menjaga ekosistem baik di laut maupun darat.

“Secara ekologi, kondisi Pulau Menjangan masih baik. Tapi kita harus menjaga agar tidak terjadi degradasi yang dapat mengganggu habitat secara luas. Kita berharap juga Pulau Menjangan tetal cocok untuk berkembang biaknya satwa rusa,” tegas dia.

Disisi lain, Dr. Ketut Putra Sedana sebagai salah satu penggagas kegiatan berharap ke depan kesamaan visi menjaga lingkungan tetap selaras. Sebagai salah satu langkah nyata adalah menjaga kelestarian dari Pulau Menjangan dianggap sebagai aset berharga untuk membangkitkan pariwisata, baik ekologi, alam, maupun spiritual.

Pria yang akrab disapa Dokter Caput ini pun menekankan, melalui Gerakan Peduli Pelestarian Pulau Menjangan tidak hanya berhenti pada satu kegiatan, sebab ke depan perlu keberlanjutan dengan tindakan nyata.

BACA :  Pemekaran Desa Dinas, Sedana Artha Sebut untuk Percepatan Pembangunan

“Kita harus berkomitmen bersama TNBB dan Yayasan Merajingga untuk melestarikan alam ini serta mengantisipasi dampak perubahan iklim,” pungkas dia.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular