SD N 109 Papua Belajar Penghijauan Sekolah di Duda Utara

Amlapura, (Balipuspanews) – SDN 109 Sorong Papua Barat datang secara khusus untuk belajar penghijauan di SDN 1 Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

“Kedatangan ke SDN 1 Duda Utara sudah menjadi tekad sejak awal. Karena tahu SD ini lebih bagus dari SD di Sorong. Sehingga kami bisa belajar banyak hal di SD ini. Tahun 2016 sekolah ini juga berhasil merebut Adi Wiyata Nasional,” kata Kepala Sekolah SDN 109 Sorong, Martha. Bahkan ini merukakan sekolah satu satunya yang mendapat penghargaan Adi Wiyata di Papua.

“Kalau sekolah lainya malah banyak yang belum kenal apa itu Adi Wiyata,” ujarnya. Dia juga mengaku senang bisa datang dan belajar di sekolah ini. Ditanya soal kendala di SD Sorong, Martha mengatakan tidak ada kendala. Karena guru guru dan orang tua siswa sangat mendungkung. Hanya saja mereka belum terbuka dan belum punya pengalaman.

“Makanya kami datang untuk melihat kemajuan di SD ini,” akunya Kepala Sekolah SDN 1 Duda Utara, Wayan Berata mengatakan sekolahnya sukses meraih penghargaan Adi Wiyata Mandiri bukan perjalanan gampang.

Menurut Berata ini diawali tahun 2012 yang berhasil meraih juara I sekolah peduli Lingkungan Nasional. Tahun 2014 berhasil meraih penghargaan Adi Wiyata Nasional dan tahun 2016 ini berhasil meraih pretasi Adi Wiyata Mandiri. Sementara itu Perbekel Wayan Darmadi lenih banyak menceritakan terkait kondisi alam dan pengasilan Desa Duda Utara.

Darmadi mengatakan pengasilan utama masyarakat Duda Utara adalah petani salak. Sementara pengasilan kedua terbesar adalah Tuak tradisional yang diambil dari pohon Enao. Ini juga ditambah dengan pengrajinan seperti batu hitam dan yang lainya.Kepala Sekolah SDN 1 Duda Utara, Wayan Berata Rombongan dari SDN 109 Sorong, Papua Barat beranggotakan 30 orang. Mereka ini dipinpin langsung Kepala sekolah Martha Kambu. Rombongan tersebut adalah para Guru, TU dan juga penjaga sekolah. kedatangan ke SDN 1 Duda Utara, Selat untuk study banding terkait skolah Adi Wiyata Mandiri. Maklum SDN 1 Duda Utara adalah sekolah yang berhasil meraih Adi Wiyata Mandiri tahun 2015.

Sementara SDN 109 Sorong baru sempat meraih Adi Wiyata tingkat nasional. Dan kali ini diajukan sekolah tersebut diajukan untuk merebut Adi Wiyata Mandiri. Rombongan tiba pukul 10.00 wita dan diterima langsung Kepala Sekolah SDN 1 Duda Utara, Wayan Berata beserta para guru. Selain itu hadir juga Perbekel Duda Utara, Wayan Darmadi dan juga Ketua Komite Sekolah I Wayan Wijaya yang juga Kadus Geriana Kangin.

Hadir juga KUPT Disdikpora Selat I Gusti Ayu Gede dan Pengawas Sekolah Wayan Sudika. Turut hadir dari perwakilan siswa SDN 109 Sorong, yakni Anggelina Sitamela kelas I dan dan Monita Rompok kelas II. Begitu datang mereka langsung disambut para siswa SDN 1 Duda Utara degan menyayikan lagu. Mereka langsung masuk ke ruan di sisi timur sekolah untuk acara seremonial. .