Rabu, April 24, 2024
BerandaDenpasarSebanyak 3425 Personil Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru

Sebanyak 3425 Personil Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru

DENPASAR, balipuspanews.com – Polda Bali melaksanakan apel gelar pasukan bersandi Operasi Lilin Agung 2022 terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, pada Kamis (22/12/2022). Sebanyak 3425 personil gabungan dikerahkan dalam Ops Lilin Agung tersebut.

Gelar pasukan itu dipimpin langsung oleh Kapolda Bali Irjenpol Putu Jayan Danu Putra. Dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Bali, dan stakeholder terkait.

Usai gelar pasukan, Kapolda Putu Jayan menjelaskan bukan hanya Polri yang dilibatkan dalam Ops Lilin yang berlangsung dari 23 Desember hingga 2 Januari 2023 tersebut. Melainkan ada sekitar 20 unsur atau instansi terkait, seperti TNI, Dishub, Linmas, BPBD, Basarnas dan lainnya.

Dibeberkannya, jumlah personil mencapai 3425 orang. Terdiri dari anggota Polri 1891 orang, unsur instansi terkait lainnya 1534. Sehingga diperlukan sinergi yang baik agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar.

“Apel gelar pasukan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan personil dan sarana prasarana, dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal,” terang jenderal bintang dua ini.

BACA :  Geger, Warga Temukan Pria Tak Dikenal Bersimbah Darah di Pinggir Jalan

Diterangkannya, personil gabungan ini akan melaksanakan atensi sekitar 480 titik kegiatan, baik itu di gereja ataupun di tempat-tempat lain. Untuk mencakup titik-titik tersebut, telah disiapkan 23 pos pengamanan (pospam), 13 pos pelayanan (posyan) dan lima pos terpadu yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Bali.

“Beberapa potensi masalah akan antisipasi mulai dari situasi keamanan lalu lintas dan kemacetan,” ungkap Kapolda.

Dijelaskannya lebih lanjut, personil yang bertugas ditempatkan di simpul-simpul padat kendaraan, agar bisa diurai dengan sistem buka tutup, atau rekayasa lalu lintas. Kemudian, antisipasi gangguan kriminalitas dengan patroli, serta penempatan anggota pada posisi-posisi tertentu.

Terhadap ancaman yang lebih serius seperti terorisme, pihaknya bekerja sama dengan Satgasus Bali Densus 88 Anti Teror yang didukung informasi-informasi dari Badan Intelejen Negara.

Dijelaskannya, perlu diketahui sekarang jumlah wisatawan atau kunjungan ke Bali jauh meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu perlu kesiapsiagaan semua personil dengan segenap unsur yang ada sangat dibutuhkan.

“Sehingga bisa memenuhi amanat dari Presiden Joko Widodo agar pengamanan nataru ini harus menciptakan rasa aman dan nyaman pada segenap masyarakat yang melakukan kegiatan,” tegasnya.

BACA :  Ambil Ponsel Kader Partai, Tukang Parkir Diamankan

Kapolda menambahkan, setiap tempat penyelengara kegiatan untuk Nataru harus disterilisasi. Terlebih oleh unsur Polri seperti Brimob, K9, maupun unsur lainnya.

“Pintu masuk ke Pulau Dewata tentu akan mendapat penebalan penjagaan alias pengamanan berlapis, seperti di Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai atau Celukan Bawang,” pungkasnya.

Penulis: Kontributor Denpasar 

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular