Sebatas Teguran, Polresta Gelar Operasi Zebra Tanpa Surat Tilang

Hari pertama Operasi Zebra berlangsung di simpang Buagan jalan Teuku Umar-Jalan Imam Bonjol Denpasar barat, pada Kamis (24/11/2022)
Hari pertama Operasi Zebra berlangsung di simpang Buagan jalan Teuku Umar-Jalan Imam Bonjol Denpasar barat, pada Kamis (24/11/2022)

DENPASAR, balipuspanews.com – Operasi Zebra Agung 2021 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia tidak melaksanakan tilang tapi berupa teguran. Operasi Zebra yang berlangsung dari Kamis, 24 November hingga 7 Desember 2022 ini lebih mengedepankan sosialisasi.

Hari pertama Operasi Zebra berlangsung di simpang Buagan jalan Teuku Umar-Jalan Imam Bonjol Denpasar barat, pada Kamis (24/11/2022). Kegiatan ini dipimpin Kasat Lantas Kompol Ni Putu Utariani, S.H, dan jajaran.

Operasi yang dilaksanakan kali ini tidak mengutamakan razia atau tilang, tapi lebih memprioritaskan sosialisasi dan edukasi kepada para pelanggar. Dengan tindakan teguran ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas.

Selain itu, kegiatan operasi ini menyasar pengemudi maupun pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Apalagi pengendara di bawah umur, penggunaan helm SNI dan safety belt, melawan arus dan berkendara melebihi batas kecepatan.

Baca Juga :  Update Gempa Cianjur: 318 Warga Meninggal Dunia

Petugas Polantas menghentikan kendaraan yang melintasi dan secara kasat mata ditemukan banyak pelanggaran. Sehingga petugas memberikan teguran simpatik.

“Dari Operasi Zebra ini tercatat teguran simpatik diberikan kepada 23 pelanggaran yang sebagian besar tidak menggunakan helm,” ujarnya didampingi Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi.

Selain teguran simpatik juga dilakukan pembagian stiker dan brosur Imbauan tertib berlalulintas. Sedianya sebanyak 75 pcs serta membagikan bingkisan peduli kasih kepada warga yang melintas di TL Buagan, Denpasar.

Tak hanya itu, ada juga edukasi berupa bentangan spanduk Imbauan tertib berlalulintas “Stop melawan arus, melawan arus menantang maut, berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain”.

Sementara Iptu I Ketut Sukadi menambahkan, Operasi Zebra tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana tidak ada penindakan tapi lebih banyak memberikan arahan agar tidak melakukan kesalahan kembali, terangnya.

Baca Juga :  Ratusan Ikan Mas Koki Ditampilkan Saat Kontes Bemas Koki Tahun 2022

Penulis : Kontributor Denpasar  

Editor : Oka Suryawan