Kamis, Maret 28, 2024
BerandaJembranaSebelum Dibagikan, Daging Kurban Diperiksa Tim Kesehatan

Sebelum Dibagikan, Daging Kurban Diperiksa Tim Kesehatan

JEMBRANA, balipuspanews.com – Secara kasat mata hewan kurban yang dipotong saat Hari Raya Idul Adha memang terlihat sehat. Namun Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana tidak mau ada daging kurban yang tidak layak konsumsi dikonsumsi masyarakat.

Agar daging kurban yang dibagikan ke masyarakat muslim tidak ada yang mengandung penyakit, petugas dari bidang kesehatan hewan melakukan pemeriksaan daging hewan kurban sebelum didistribusikan.

Pemeriksaan dilakukan di RPH untuk memastikan daging kurban itu layak konsumsi. Satu persatu organ dalam atau jeroan hewan kurban yakni 10 ekor sapi dan 6 ekor Kambing yang yang dipotong di RPH Negara diperiksa dengan teliti untuk mengecek apakah ada yang mengandung cacing hati atau cacing pita yang bisa menular ke manusia.

Selain jeroan, daging hewan kurban itu juga diperiksa petugas. Petugas tidak hanya memeriksa daging kurban di RPH saja. Pemeriksaan di tempat pemotongan lain juga dilakukan. Ada 50 tempat pemotongan hewan kurban yang tersebar di Jembrana.

“Semua kita periksa. pemeriksaan antemortem dan post mortem. Dan hasil pemeriksaan post mortem dengan memeriksa organ dalam tidak ditemukan adanya indikasi mengarah ke penyakit. Jadi dari hasil pemeriksaan secara detail sekali dipastikan semua hewan kurban sehat,” ungkap I Gede Adi Adnyana, Kasi Kesehatan hewan dan masyarakat veteriner Dinas Pertanian dan Pangan.

BACA :  Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Agung Besakih

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular