Jumat, Februari 23, 2024
BerandaJembranaSebelum Terdampar, Hiu Tutul Sempat Tersangkut Jaring Nelayan

Sebelum Terdampar, Hiu Tutul Sempat Tersangkut Jaring Nelayan

JEMBRANA, balipuspanews.com– Ikan Hiu Tutul atau hiu paus yang terdampar di Pantai Desa Air Kuning Kecamatan Negara pada Sabtu (17/6/2023) sore akhirnya dikubur. Sebelum dikubur bangkai mamalia laut yang dilindungi tersebut dinekropsi untuk diambil sampel tubuhnya guna mengetahui pasti penyebab kematiannya.

Dari penuturan warga dan nelayan, ikan hiu paus dengan panjang sekitar 5 meter itu awalnya sempat tersangkut jaring nelayan pada Sabtu sore.

Mengetahui ada ikan hiu tutul tersangkut para nelayan berusaha melepaskannya lalu membawa ikan predator itu kembali ketengah laut. Namun upaya itu gagal dan ikan hiu paus itu terdampar ke pantai.

“Awalnya ikan itu masuk jaring nelayan, lalu jaringnya pecah dan dicoba ditarik ke tengah namun terdampat lagi,”ujar Abdul Majid nelayan asal Desa Air Kuning.

Sementara itu Andre Purna Jatmiko, Koordinator Satwas Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Jembrana mengatakan jenis hiu yang terdampar ini adalah jenis hiu paus.

Ikan hiu paus ini adalah hewan yang dilindungi sesuai dengan Kep men KP Nomor 18 Tahun 2013.

BACA :  Ikon Pariwisata Indonesia, Bali Tuan Rumah Event MNE dan IMSS Tahun 2025

“Untuk selanjutnya tim dari jaringan satwa Indonesia yang akan mengambil beberapa sampel dan akan diperiksa untuk mengetahui penyebab pastinya dia terdampar dan mengalami kematian,” jelasnya.

Setelah pemeriksaan dan pengambilan sampel, bangkai hiu paus itu kemudian dikubur dengan bantuan alat berat.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular