26.5 C
Denpasar
25/10/2021, 2:13 AM
DenpasarSejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Cok Ace Sambut Baik...

Sejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Cok Ace Sambut Baik Kerjasama Penanaman Perdana Pohon Pisang di Pekutatan

balipuspanews google news
DENPASAR, balipuspanews.com – Sesuai visi pembangunan Bali 2018 – 2023 yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, misi yang ditetapkan dibidang pertanian adalah terpenuhinya kebutuhan pangan bagi masyarakat Bali, meningkatnya nilai tambah dan daya saing pertanian Bali, dan meningkatkan kesejahteraan petani.
Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya saat Melaunching dan Penanaman Perdana Pengembangan Kawasan Holtikultura Tanaman Pisang Tingkat Nasional di Desa Pekutatan, Jembrana pada Sabtu (28/12) pagi.
“Saya menyambut baik kegiatan launching dan penanaman perdana pisang di lahan aset provinsi Bali kerjasama antara Perusahaan Daerah provinsi Bali dengan PT. Great Giant Pinaple (GGP) yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI ini. Kegiatan ini adalah wujud integrasi kebijakan antar Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah dan Swasta dalam mengakselerasi program peningkatan ekspor, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Cok Ace.
Sejalan dengan misi tersebut maka subsistim hilir dari sistim pembangunan pertanian yaitu subsistim pengolahan dan pemasaran hasil yang selama ini belum mendapat perhatian serius akan terus dibangun dan dikembangkan antara lain dengan mengembangkan industri pengolahan hasil dan fasilitasi pemasaran produkproduk pertanian lokal Bali. Hal ini karena salah satu kendala dalam membangun pertanian dan meningkatkan pendapatan petani adalah persaingan pasar yaitu relative sulitnya memasarkan hasil karena sifat produk pertanian bersifat musiman dan tidak tahan simpan.
“Dalam mengatasi kendala pemasaran hasil telah diterbitkan Peraturan Gubernur Bali Nomor : 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Dimana dalam Peraturan Gubernur ini diatur tentang kewajiban hotel, restoran, pasar swalayan/pasar modern dan pengusaha catering memprioritaskan memasarkan dan memanfaatkan produk lokal Bali sebagai bentuk keberpihakannya terhadap petani/lokal. Apabila Peraturan Gubernur ini dapat diimplementasikan dengan baik maka akan ada jaminan pasar dan harga produk-produk lokal Bali yang pada akhirnya dapat peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani,” imbuhnya.
Untuk itu, tokoh Puri Ubud ini berharap program teritegrasi dan terkoordinasi seperti ini dapat dikembangkan lebih lanjut pada daerah lain di provinsi Bali sesuai potensi dan komoditi unggulan daerah masing-masing. Hal ini dikatakan Cok Ace karena potensi lahan pertanian di Bali masih cukup luas. Dijelaskan Cok Ace, luas lahan pertanian di Bali tercatat 353.491 ha atau 62,7% dari luas lahan pulau Bali, terluas di Kabupaten Buleleng yaitu 81.198 ha atau 23% dari total luas lahan pertanian di Bali menyusul Kabupaten Tabanan, Karangasem dan Jembrana.
“Di Provinsi Bali sektor pertanian merupakan salah satu sektor pendorong pembangunan bidang ekonomi selain sektor pariwisata, industri kecil dan kerajinan. Pembangunan pertanian disamping diarahkan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memacu pertumbuhan perekonomian daerah juga berperan penting dalam penyedia lapangan kerja, pelestarian sumber daya alam dan budaya serta lingkungan hidup,” terangnya.
Sementara itu, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyampaikan jika Pemerintah terus berupaya mendorong pengembangan produk yang memiliki daya saing dan potensi ekspor yang tinggi. Tak hanya produk-produk hasil industri, namun juga produk dari sektor lain seperti pertanian.
“Untuk mempercepat program peningkatan ekspor produk pertanian tersebut, Pemerintah mendorong pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor sebagai program prioritas yang menjadi quick wins Kemenko Perekonomian,” ungkapnya.
Susiwijono menjelaskan, peran sektor pertanian dalam pertumbuhan ekonomi nasional semakin penting dan strategis. Kontribusi sektor ini dalam Produk Domestik Bruto (PDB) menempati posisi ketiga setelah sektor industri dan perdagangan. Selain itu, sektor pertanian merupakan sektor yang mengalami surplus di saat sektor lain mengalami defisit neraca perdagangan.
Pada penanaman perdana ini, Pisang Cavendish dipilih sebagai komoditas yang akan dikembangkan. Pasalnya, Pisang Cavendish adalah satu satu komoditas hortikultura yang mempunyai prospek pengembangan yang baik karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang masih terbuka luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga diharapkan dapat menekan defisit perdagangan nasional.
Sementara Operation Managing Director Great Giant Food Wayan Ardana dalam laporannya menyampaikan bahwa PT Great Giant Pineapple (GGP) selaku offtaker dan perusahaan yang melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dan petani, melalui program Creating Share Value akan melakukan kerja sama kemitraan dengan kelompok tani atas dasar pemberdayaan dan saling menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution) untuk melakukan budidaya/produksi pisang yang berdaya saing dan berkualitas ekspor.
Program pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor ini merupakan wujud nyata untuk mendorong produk lokal yang berdaya saing global. Ditambahkan Wayan Ardana , kegiatan launching pada hari ini menandai dimulainya program tersebut secara nasional.
Lebih lanjut disampaikan Wayan Ardana, rencananya dalam waktu dekat setelah Jembrana akan segera dilakukan pengembangan di lokasi lain, yaitu di Kabupaten Bener Meriah (Aceh), Kabupaten Blitar (Jawa Timur), dan Kabupaten Bondowoso (Jawa Timur).
“Harapannya, pengembangan kawasan hortikultura ini betul-betul mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan ekspor dan meningkatkan perekonomian daerah yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan petani,” pungkasnya.
Hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali IB Wisnuardhana, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, Bupati Jembrana I Putu Artha, Bupati Bondowoso Salwa Arifin. (Rls/bpn/tim)
- Advertisement -
- Advertisment -
Balipuspanews TV
Video thumbnail
Pemberlakuan PPKM, Pedagang dari Luar Karangasem Sementara Dilarang Berjualan di Pasar Tradisional
01:55
Video thumbnail
Kemunculan Seekor Buaya Muara di Sungai Sangsang Lebih Gegerkan Warga
03:59
Video thumbnail
Alat Berat Hingga Senderan Tersapu Aliran Banjir di Tukad Janga
01:48
Video thumbnail
Bea Cukai Musnahkan Barang Bukti Hasil Sitaan Senilai Rp 83,2 Juta
02:02
Video thumbnail
BNNP Bali Gagalkan Penyelundupan 44 Kg Ganja Kering ke Bali
02:03
Video thumbnail
Air Sungai Candi Gara Meluap, Puluhan Rumah Warga di Desa Kusamba Terendam Banjir
02:49
Video thumbnail
Knalpot Brong Dilarang, Polantas Datangi Bengkel Modifikasi
02:19
Video thumbnail
Bersihkan Saluran Irigasi, Pria Asal Desa Nongan Ini Tewas Tertimpa Pohon Dapdap
01:32
Video thumbnail
Sampai Awal Juni Sudah 154 749 Warga Karangasem Divaksinasi Covid 19
01:56
Video thumbnail
40 Pegawai Dinas PUPR Karangasem Menjalani Tes Urine
01:54
Video thumbnail
Hendak Keluar Beli Makan, Seorang Warga di Desa Tista Temukan Mayat Bayi
01:48
Video thumbnail
Hilang Empat Hari, Pemancing Asal Banyuwangi Ini Ditemukan Tak Bernyawa
01:56
Video thumbnail
Harga Bahan Naik, Pengusaha Tahu dan Tempe di Buleleng Kebingungan Berproduksi
03:30
Video thumbnail
Melihat Warga Desa Abang, Karangasem Berburu Ulat Gayas yang Kaya Protein
02:37
Video thumbnail
Ciptakan Sungai Bersih, Kawasan Sungai Taman Pancing Dilengkapi Trash Walker
02:28
Video thumbnail
TPS Sadu Sumerta Kaja Ubah Sampah Jadi Pellet Pembangkit Listrik
03:31
Video thumbnail
Lomba Baleganjur se Bali, Diharapkan Generasi Muda Tetap Berkarya
02:30
Video thumbnail
Jaga Kelestarian, 54 Ekor Jalak Bali Dilepas Liarkan
02:45
Video thumbnail
Hidupkan Kewirausahaan, PKK Desa Batununggul, Nusa Penida Produksi Dupa
02:08
Video thumbnail
Libur Idul Fitri, Pantai Sanur Tetap Jadi Destinasi Favorit Dikunjungi Wisdom
03:41
Video thumbnail
912 Peserta Ikuti Pameran Bonsaidi Alun-alun Kota Gianyar
05:38
Video thumbnail
Pedagang Sudah Pindah, Aktivitas Pasar Banyuasri Telah Dijadwalkan
02:35
Video thumbnail
Longsor di Dua Desa Wilayah Kecamatan Sawan, Kerugian Diperkirakan Ratusan Juta
02:30
Video thumbnail
Putu Supadma Rudana, MBA Mengajak Seluruh Masyarakat untuk Selalu Menerapkan 3M
02:35
Video thumbnail
Pedoman Perayaan Tahun Baru
00:54
Video thumbnail
Strategi Museum Rudana Menjaga Eksistensinya di Tengah Pandemi | Talkshow
44:25
Video thumbnail
Tempat Karaoke Terapkan Prokes, Sterilkan Microphone dengan Mesin Laser
03:13
Video thumbnail
Kebiasaan Baru yang Diterapkan Ketika ke Museum
01:03
Video thumbnail
Ketua Komisi IVDPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana,S.Pd Mengajak Masyarakat Disiplin Terapkan Prokes
01:52
Video thumbnail
Kembali Gerebek Desa, Polsek Mengwi Lakukan Penyemprotan Disinfektan Dengan Mobil Water Canon
01:59
Video thumbnail
Tips Solo Travelling di Masa Pandemi
01:17
Video thumbnail
Situasi Ubud Menjelang Tahun Baru 2021
13:36
Video thumbnail
Polsek Selemadeg Barat Semprotkan Disinfektan di Rumah Warga yang Terpapar Covid-19
02:04
Video thumbnail
Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi
00:42
Video thumbnail
Polres Badung Gelar Aksi Gerebek Desa, Cegah Penyebaran Covid-19
03:23
Video thumbnail
#ingatpesanibu Selalu Menerapkan 3M
00:36
Video thumbnail
Rencana Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 di Kabupaten Tabanan | Talkshow
19:20
Video thumbnail
Tips Liburan Bersama Keluarga di Masa Pandemi
01:21
Video thumbnail
Minim Kasus Covid 19, Desa Kuwum Dinobatkan Sebagai Desa Tangguh Dewata Oleh Polres Badung
02:39
Video thumbnail
2 Cafe di Tabanan Tak Lengkapi Sarana Prokes,Tim Gabungan Sosialisasi SE Gubernur & Maklumat Kapolri
02:43
Video thumbnail
Tips Ketika Keluar Rumah di Masa Pandemi
01:11
Video thumbnail
Dalam Sehari Tim Yustisi Jaring 143 Pelanggar di Bangli
02:46
Video thumbnail
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Anak Bermain di Taman Bermain
01:03
Video thumbnail
Aman Shopping ke Level 21 Mall di Tengah Pandemi Covid-19 | Talkshow
20:01
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbelanja di Mall
00:47
Video thumbnail
Etika Bersin yang Benar
00:45
Video thumbnail
Nak Ubud Gelar Pasar Kaget, Sebagian Hasil Penjualan Didonasikan Bagi yang Terdampak Covid 19
03:03
Video thumbnail
Tips Aman ke Bank di Masa Pandemi
01:00
Video thumbnail
Beri Kenyamanan Pengunjung, Objek Wisata Taman Nusa Terapkan Prokes Covid-19 | Talkshow
27:17
Video thumbnail
Sidak Masker di Padangsambian Kaja Denpasar, 20 Pelanggar Terjaring
04:10
Member of