Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBadungSekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Tawur Agung Kesanga di Kabupaten Badung

Sekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Tawur Agung Kesanga di Kabupaten Badung

BADUNG, balipuspanews.com – Serangkaian dengan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945 yang akan dirayakan pada Rabu, 22 Maret 2023, Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan Upacara Tawur Agung Kesanga, Selasa Umanis Tilem Sasih Kesanga (21/3/2023) bertempat di Adipraja Mangupraja Mandala Puspem Badung (Jaba Sisi Pura Lingga Bhuana).

Upacara Tawur Agung Kesanga yang dilaksanakan tepat jam 12.00 WITA (siang hari) tersebut dipuput oleh 7 sulinggih, dan dihadiri oleh Sekda Badung Wayan Adi Arnawa beserta Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Badung, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, MDA Badung beserta Bendesa se-Kabupaten Badung.

Mewakili Bupati Badung Sekda Wayan Adi Arnawa menyampaikan, Upacara Bhuta Yadnya Tawur Agung Kesanga bertujuan untuk mewujudkan keselarasan dan kesejahteraan alam lingkungan.

Tawur artinya membayar atau mengembalikan, yaitu mengembalikan sari-sari alam yang telah digunakan manusia. Sari-sari alam itu dikembalikan melalui upacara Tawur yang dipersembahkan kepada para Bhuta, dengan tujuan agar para Bhuta tidak mengganggu manusia sehingga bisa hidup secara harmonis.

BACA :  Bali Siap Sukseskan WWF, Dihadiri 14 Ribu Peserta

“Tilem Kesanga atau Pengerupukan merupakan hari penyucian/nyomia bhuta menjadi dewa dalam rangka kita menyambut Hari Suci Nyepi dan visualisasi dari para bhuta nanti malam ada pengarakan ogoh-ogoh, yang mempunyai filosofi bagaimana kita bisa menyingkirkan sifat bhuta/sifat jahat sebelum melaksanakan Hari Suci Nyepi.

Pelaksanaan Nyepi menjadi momentum untuk melakukan refleksi dan reposisi jati diri kita terkait dengan kehidupan agar kita selalu menjaga keseimbangan dengan Tuhan, sesama manusia dan alam lingkungan,” ujarnya.

Kemudian atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, Sekda Adi Arnawa juga mengimbau seluruh masyarakat agar bisa melaksanakan Catur Brata Penyepian secara tertib dan hikmat.

“Dan yang paling penting masyarakat bisa menjaga keamanan pelaksanaan Nyepi, karena Hari Suci Nyepi juga menjadi perhatian masyarakat dunia,” jelasnya.

Penulis : Kadek Adnyana

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular