Sekda Bangli IB Giri Putra Siap maju sebagai calon bupati Bangli
sewa motor matic murah dibali

BANGLI, balipuspanews.com- Peta politik Pilkada Bangli 2020 terus mengalami pergeseran. Ini setelah Sekda Bangli IB Gde Giri Putra menyatakan ikut bertarung sebagai calon bupati dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Pria yang akrab dipanggil- Gus Giri- itu mendaftar lewat Partai Demokrat Minggu ( 3/11/2019). Menariknya, Gus Giri mendaftarkan diri dirumah Wayan Sudiartana, ketua tim penjaringan Partai Demokrat di kecamatan Susut.

Dikonfirmasi Balipuspanews.com, Gus Giri mengakui ikut mendaftar sebagai calon bupati karena desakan banyak sisya atau loyalisnya di Bangli. Ini tidak mengherankan, karena sebelumnya kakak Gus Giri,yakni IB Ladip sempat menjabat bupati Bangli. Selain itu, dari segi ketokohan,keluarga besar Gus Giri di Griya Bukit Bangli masih memiliki pengaruh yang cukup kuat di Bangli.

“ Kita menyadari Demokrat tidak bisa mengusung calon sendiri. Kita ingin memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Dalam penentuan calon bupati, mekanisme survey tentunya akan dijadikan pertimbangan,” kata Gus Giri.

Mantan Sekwan itu menegaskan, dirinya sangat serius ingin menjadi calon bupati untuk meneruskan pengabdian di Bangli. Bahkan,dirinya siap mundur sebagai Sekda Bangli  kalau sudah ditetapkan menjadi calon bupati.

“ Kalau sudah ditetapkan sebagai calon bupati, saya akan mundur sebagai Sekda. Ini sudah menjadi konsekwensi,” tegas pria berusia 55 tahun itu.

Pria yang dikenal merakyat dan tegas itu mengaku sudah meminta ijin bupati Bangli Made Gianyar sebelum mendaftar sebagai calon bupati ke Partai Demokrat.

“ Ijin ke pimpinan sudah. Hakekatnya saya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat,” sebutnya lagi.

Disinggung kenapa dirinya tidak mendaftar lewat PDIP atau Partai Golkar, Gus Giri menjawab diplomatis.

“ Siapa sih yang tidak ingin sebagai calon bupati dari PDIP. Tapi saya tahu diri. Biarkan mereka yang berkeringat disana menggunakan jalur tersebut,” ujarnya.

Ditanya soal calon wakil bupati yang akan mendampinginya, Gus Giri mengaku menyerahkan kepada makanisme partai. Gus Giri berharap, dengan dirinya menyatakan maju sebagai calon bupati, banyak tokoh Bangli yang mengikuti langkahnya untuk meramaikan Pilkada Bangli.

Informasi yang dikumpulkan Balipuspanews.com menyebutkan, Gus Giri sebelumnya sempat akan disandingkan dengan Made Subrata, adik bupati Bangli sebagai calon wakil bupati. Tapi, loyalis Gus Giri menginginkan Sekda Bangli itu maju sebagai calon bupati.

Majunya Gus Giri dipastikan akan mempengaruhi peta politik di Kota Dingin Bangli dalam Pilkada mendatang. Ada kemungkinan tiga calon yang akan akan bertarung. Mereka adalah Sedana Artha- Wayan Diar atau Sedana Artha- Jro Mangun yang akan dicalonkan dari PDIP, Made Subrata- Ngakan Kutha Parwatha ( Golkar) dan IB Giri Putra – Jro Mangun atau IB Giri Putra – Komang Carles ( gabungan Demokrat dengan Parpol lainnya). ( bas)