Sekda Bangli IB Giri Putra saat membuka pelatihan Paskiraka digedung BMB Bangli
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Bangli, balipuspanews.com- Ada pesan menarik disampaikan Sekda Bangli IB Gde Giri Putra saat membuka pelatihan Paskibraka Bangli di Gedung BMB Jumat ( 3/8) 2018. Pria asal Griya Bukit itu menyebutkan, peserta yang terpilih merupakan pemuda  pemudi pilihan karena tidak semua mendapat kesempatan untuk mengemban misi mulia pada hari bersejarah kemerdekaan RI.

Untuk itu, mantan Sekretaris DPRD Bangli itu meminta anggota Paskibraka bisa mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya. Tetap fokus, jaga kesehatan dan konsentrasi, sehingga tugas penting ini bisa dilaksanakan dengan baik.

“ Selamat dan suskses kepada anggota Paskibraka tahun 2018. Persiapkan diri kalian sebaik-baiknya untuk kebanggaan bagsa ini,”kata pria yang akrab dipanggil Gus Giri itu.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Sang Nyoman Nada, dalam laporannya menyampaikan, peserta Paskibraka tahun 2018 berjumlah 80 orang, terdiri dari 40 orang hasil seleksi tingkat kabupaten tahun 2018 dan 40 orang diambil dari peserta Paskibraka tahun 2017.

Adapun pembentukan tim Paskibraka Kabupaten Bangli tahun 2018 dilaksanakan melalui seleksi ke SMA/SMK se- Kabupaten Bangli dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juni 2018. Sedangkan pelatihan dan pembinaan Paskibraka tahun ini menggunakan sistem pemondokan (asrama) dengan mengunakan asrama diklat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli. Adapun pemondokan akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 5 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2018.

Disampaikan juga, untuk mematangkan persiapan, anggota Paskibraka tahun 2018 juga dibekali praktik latihan orientasi Pasukan Baris Berbaris (PBB) dan pengenalan formasi yang sudah dimulai dari tanggal 27 Juli sampai dengan 14 Agustus 2018. Adapun latihan dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama (pagi) dimulai dari pukul 08.00 s/d 12 wita. Sedangkan sesi kedua (sore) dimulai pukul 15.00 s/d 18.00 wita.

Ditambahkannya, selain pelatihan lapangan, anggota Paskibraka juga diberikan pembekalan materi, seperti pendidikan bela negara dan wawasan nusantara oleh Dandim 1626 Bangli, hukum dan korupsi oleh Kejaksaan Negeri Bangli, kenakalan remaja dan narkoba oleh Kepolisian Resort Bangli, undang-undang pendidikan dan ujian nasional oleh Disdikpora Bangli dan manajemen organisasi dan sejarah paskibraka oleh purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bali.

“ Hari ini Bapak Sekretaris Daerah sudah membuka pelatihan Paskibraka. Untuk pengukuhan Paskibraka, kita rencanakan tanggal 16 Agustus 2018 mendatang. Mudah-mudahan semua berjalan lancar, sehingga apel peringatan HUT RI ke-73 di Kabupaten Bangli berjalan dengan baik,”harapnya. ( rls/bas)

Tinggalkan Komentar...