Sekda Giri Putra Serahkan Alat Bantu Penyandang Disabilitas
Sekda Giri Putra Serahkan Alat Bantu Penyandang Disabilitas

BANGLI, balipuspanews.com -Peringatan hari lanjut usia nasional (Hlun) yang digelar di Gedung Puri Agung Bangli dilaksanakan pada Rabu, 12 Juni 2019. Acara dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, Kadis Sosial Kabupaten Bangli I Nengah Sukarta, pimpinan OPD terkait, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kab. Bangli A.A Gd Bagus Ardana  dan Komda ( komisi daerah lanjut usia ) Bangli, dimeriahkan dengan berbagai pementasan oleh para lansia.

Sekretaris Derah (Sekda) Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra menyampaikan, peringatan hari lanjut usia nasional ( HALUN ), pada hakekatnya adalah momentum bagi kita semua generasi muda Bangli untuk senantiasa memperhatikan keberadaan lanjut usia (lansia), baik terkait kehidupan sehari harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya maupun kebutuhan psikologisnya.

sewa motor matic murah dibali

Namun untuk mencapai itu semua, lanjut disampaikan Sekda Giri, maka perlunya upaya upaya sinergis dan strategis melalui program  program yang terpadu pro- lansia, tentunya upaya dan usaha memasyarakatkan kewirausahaan dan kegiatan kreatif para lansia, akan  mampu merangsang produktivitas ekonomi sehingga para lansia  lebih produktif, kreatif, sehat, mandiri dan sejahtera secara ekonomi”tegasnya.

Dibalik itu semua,sebagai tokoh /para lansia yang telah banyak makan asam garam kehidupan, sekda Giri juga berharap,  para lansia untuk slalu menularkan dan mendedikasikan pengalaman demi kemajuan pembangunan serta memberikan sumbangan pemikiran dan menularkan ilmu atau pengalaman positif, serta  tutur yang baik kepada generasi penerus dan sekaligus menjadi suluh, serta motivasi bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Bangli.

Tak lupa pada kesempatan itu pula atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Bangli, Sekda Giri menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh stakeholders terkait , khususnya kepada komisi daerah lanjut usia  (Komda Lansia) Kab. Bangli, yang selama ini telah melaksanakan upaya kongkret dalam memberdayakan lanjut usia.

“Dibidang kesehatan melalui posyandu lansia, ada olahraga lansia , pelatihan ketrampilan  bagi lansia terlantar, bantuan UEP lansia , program pemeriksaan kesehatan bagi lansia dan masih banyak lagi,  mudah mudahan upaya kongkret tersebut bisa meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia , secara terpola , terkoordinatif , terpadu serta berkelanjutan untuk mendukung kedepan Kabupaten Bangli, menjadi Kabupaten yang ramah dan cinta terhadap lanjut usia”ujarnya.

Dalam kesempatan itu ,Sekda Giri menyerahkan alat bantu penyandang disabilitas bagi lanjut usia kepada 4 orang penerima diantaranya Ni Wayan Roti asal Br. Kubu, Kec. Bangli,(kursi roda) I Wayan Sandi asal Br. Bangun Lemah, Kec. Susut (tongkat ketiak), Sang Nyoman Sarjana asal br. Pule, Kec. Bangli ( tongkat tuna netra) Jro Mangku Giweng asal br. Yeh Panes, Kec. Kintamani ( alat bantu dengar ). Juga ditampilkan senam lansia,  pementasan joget bungbung dan dan tari kolosal cak oleh para lansia.

Sementara itu Kadis Sosial Kabupaten Bangli I Nengah Sukarta mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan peringatan peringatan hari lanjut usia nasional ini adalah sebagai ajang pertemuan antar lansia/pra lansia ,dimana kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap lansia, disamping menjadi  sarana menambah pengetahuan dan wawasan dalam rangka mencegah penyakit pada lansia , guna mewujudkan “lansia mandiri, Sejahtera , dan bermartabat” . (rls/bpn/tim)