Jumat, Februari 23, 2024
BerandaKarangasemSekda Sedana Merta Pimpin Penyemprotan Disinfektan di UKM Center Karangasem

Sekda Sedana Merta Pimpin Penyemprotan Disinfektan di UKM Center Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sekda Karangasem yang juga Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Karangasem, I Ketut Sedana Merta memimpin penyemprotan cairan disinfektan di area UKM Center, Kantor Polres Karangasem dan seputaran Pasar Timur Amlapura Jln. Gajah Mada Karangasem, Selasa (19/01/2021) pagi.

Selain itu, Sekda Sedana Merta juga melanjutkan tindak pencegahan dengan menggelar rapat Koordinasi bersama Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, SIK.,M.M., Tr., Kajari Kabupaten Karangasem Aji Kalbu Pribadi, SH.,MH, Kadis Kesehatan dr. I Gusti Bagus Pratama, Kadis Perindustrian dan Perdagangan I Wayan Sutrisna, Kadis Perhubungan Kabupaten Karangasem Ida Bagus Putu Swastika, Kasat Pol PP Kabupaten Karangasem I Wayan Sutapa, dan bersama para anggota Kodim 1623/Karangasem bertempat di Aula Dira Brata Polres Karangasem.

Sedana Merta mengatakan, peningkatan Covid-19 di Bali ditengarai penyebaran melalui klaster upacara agama. Untuk itu, langkah pencegahan sudah dibuat surat edaran bersama ke seluruh Bali. Ia juga menegaskan, satgas gotong royong yang sudah terbentuk di tiap-tiap Desa Adat harus kembali diaktifkan.

BACA :  Jelang Perayaan Paskah, Ketua DPRD Badung Putu Parwata Terima Audiensi GPT Baithani

“Hari ini akan dipertegas dari Provinsi, untuk upacara keagamaan boleh dilaksanakan dengan jumlah yang terbatas. Saya harap pengawasannya harus dipertegas dan diperketat kembali. Jangan sampai masyarakat mengabaikan keberadaan virus corona baru ini,” tegasnya.

Terkait isolasi mandiri, di Kabupaten Karangasem jumlahnya mulai berkurang. Hal ini dikarenakan, kebanyakan sudah di isolasi ke Hotel Vasini, Kesiman, Kertalangu, Kota Denpasar, Bali.

“Nanti, akan dikeluarkan surat dari Kadiskes Kabupaten Karangasem bahwa isolasi mandiri tidak boleh dilaksanakan. Harus dikirim ke hotel yang telah disiapkan dan di biayai oleh pusat,” imbuhnya.

Sekda Sedana Merta juga menyebutkan, untuk kunjungan kedatangan, masih boleh dilaksanakan namun wajib melaksanakan Rapid antigen.

Sampai hari ini, zona Karangasem masih cukup aman, tapi semua pihak juga tetap harus hati-hati dengan tetap disiplin melaksanakan prokes Covid-19.

“Ke depannya saya harap dalam penertiban prokes terhadap masyarakat agar lebih manusiawi. Kita pakai pendekatan yang humanis. Mudah-mudahan tidak ada lagi masyarakat yang membandel,” jelasnya.

Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, SIK menyampaikan harapannya kedepan semua pihak harus terus bersinergi dalam mempertegas penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat. Beberapa gugus tugas juga diminta mulai mengaktifkan kembali Perarem-peraremnya.

BACA :  Jelang Galungan, Distan Akan Adakan Pemeriksaan Terhadap Babi

“Kami juga sudah berusaha memetakan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karangasem,” lanjutnya.

Kajari Kabupaten Karangasem Aji Kalbu Pribadi juga menyampaikan saran agar dijadwalkan penyemprotan berkala secara rutin di tempat-tempat umum khususnya kantor pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak.

Sementara itu, Kadiskes Karangasem melaporkan Kabupaten Karangasem siap mendapatkan vaksin di bulan Pebruari 2021.

Untuk tahap pertama, vaksin terhadap pelayanan publik diharapkan bulan Maret 2021 sudah selesai, karena di satu tempat vaksin, 1 hari hanya dapat melayani 20 orang.

Terkait Testing pengambilan Swab, RSUD sudah mulai bisa melakukan VCR dan hanya bisa melakukan pelayanan 50 orang perhari.

Penulis : Gede Suartawan 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular