Kelompok pemerhati hutan peduli api yang berada diwilayah Kedampal, Desa Datah, Abang Karangasem.
Kelompok pemerhati hutan peduli api yang berada diwilayah Kedampal, Desa Datah, Abang Karangasem.
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sejumlah peralatan pertanian seperti Sekop, Cangkul dan Sabit menjadi senjata andalan bagi anggota Kelompok pemerhati hutan peduli api yang berada diwilayah Kedampal, Desa Datah, Abang Karangasem.

Peralatan pertanian jenis tersebut menjadi alat yang paling efektif dalam upaya kelompok ini untuk memutus kebakaran hutan agar tidak semakin melebar, mengingat diwilayah Kedampal cukup sulit mendapatkan air untuk memadamkan api ditambah medannya yang sangat sulit untuk dilalui.

Hal inilah yang membuat Kapolsek Abang, AKP I Nyoman Wiranata memberikan bantuan berupa skop, cangkul dan sabit kepada kelompok yang sudah berdiri secara suadaya sejak tahun 2012 tersebut pada Rabu (21/08/2018) yang diterima langsung oleh Ketua Kelompok, I Wayan Sudiasa.

“Kita serahkan bantuan berupa alat – alat pemadam kebakaran versi Kelompok pemerhati hutan peduli api hasil dari tatap muka sebelumnya meminta masukan tentang apa yang kira – kira bisa kami bantu untuk mereka,” kata Wiranata kepada media ini.

Menurutnya, keberadaan Kelompok ini sangat penting sekali mengingat didaerah Kedampal sendiri sangat sulit untuk mendapatkan air, jangankan untuk memadamkan api untuk kebutuhan air sehari – hari warganya pun sangat sulit terlebih ketika musim kemarau seperti sekarang ini. (rls/bpn/tim)