sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com –Sekretariat DPRD Buleleng keluar sebagai juara pertama dari 44 peserta dari SKPD lingkup Pemkab Buleleng dan BUMD yang mengikuti lomba penjor hias serangkaian HUT Kota Singaraja ke-415, digelar di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Jumat (29/3).

Saat lomba berlangsung, para peserta diberikan waktu tiga jam untuk menghias dan mendirikan penjor. Masih seperti tahun sebelumnya, lomba tahun ini memiliki ketentuan penilaian seperti, tinggi penjor minimal 9 meter dari permukaan tanah, selain itu juga para peserta lomba tidak diperbolehkan menggunakan bahan styrofoam dan juga bahan- bahan dari plastik.

 

 

Nah, lomba yang digelar selain untuk mempertahankan seni dan budaya Bali, nantinya hasil dari lomba penjor ini juga akan dijadikan hiasan saat upacara bendera pada puncak HUT Kota Singaraja yang jatuh pada hari Sabtu 30 Maret 2019.

Ketua Tim Juri, Dr. Drs. I Nyoman Sila,M.Hum Mengatakan, ada tiga kriteria pokok dalam penilaian lomab penjor yakni, kreatifitas, proporsi, dan harmoni. Terkait dengan bahan yang tidak diperbolehkan, Nyoman Sila mengatakan masih memberikan toleransi terhadap peserta. Dari catatannya, terdapat sembilan peserta masih menggunakan bahan yang tidak diperbolehkan.

“Jika masih bisa diganti sebelum penjor didirikan, kami himbau untuk menggantinya, tapi jika tidak bisa diganti kami terpaksa harus mengurangi nilainya,” ungkapnya.

Ketika lomba berlangsung, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG juga turun meninjau jalannya lomba penjor didampingi sejumlah pimpinan SKPD. Tak hanya meninjau, Wabup Sutjidra sempat berkomunkasi dengan peserta lomba.

Wabup Sutjidra pun sangat mengapresiasi para peserta yang sudah bekerja keras membuat penjor. Menurutnya, ini merupakan lomba penjor yang paling bagus daripada tahun sebelumnya karena para peserta lomba tahun ini lebih kreatif.

“Bingung juga ya, penjornya semua bagus-bagus,” katanya.

Wabup Sutjidra berharap, kedepannya para peserta terus meningkatkan kreatifitasnya dan tidak melupakan aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia.

“Semoga tahun depan ini bisa dipertahankan, dan filosofi dari penjor betul-betul ditegakan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami,” harapnya.

Sekedar diketahui, lomba penjor serangkaian HUT Kota Singaraja ke-415 ini dimenangkan oleh Sekretariat DPRD Buleleng sebagai juara satu. Sedangkan juara kedua diraih oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Juara ketiga diraih oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here