Selain Penerapan Prokes 3 M, Diskes Karangasem Juga Terapkan 3 T untuk Cegah Penularan Covid-19

Kadiskes Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama
Kadiskes Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama

KARANGASEM, balipuspanews.com – Selain menekankan disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes) 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan), Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem juga itens menerapkan 3 T (tracing, testing dan treatmen) untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 di Bumi Lahar.

Kadiskes Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, Jumat (30/10/2020) menyebutkan, untuk memaksimal 3 T, pihaknya bekerjasama dengan Satgas mulai dari desa sampai kabupaten termasuk TNI dan Polri untuk mendapatkan tracing testing dan treatmen sesuai standar dari WHO.

Menurut Pertama, mencegah penyebaran Covid-19, bukan hanya sebatas menghimbau, tapi bagaimana bisa menerapkan secara disiplin 3 M mulai dari diri sendiri, keluarga maupun di lingkungan masing-masing.

“Untuk tracing kontak erat, kita langsung lakukan swab tes,” terang I Gusti Bagus Putra Pertama.

Disamping itu juga, untuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan, Putra Pertama menegaskan harus selalu menerapkan VDJ (ventilasi yang cukup, durasi jangan terlalu lama dan mempertahankan jarak antar personal guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan