Minggu, Juli 21, 2024
BerandaDenpasarSelama Sebulan, Puluhan Kurir dan Pemakai Narkoba Digulung

Selama Sebulan, Puluhan Kurir dan Pemakai Narkoba Digulung

DENPASAR, balipuspanews.com – Satuan Resnarkoba Polresta Denpasar merilis pengungkapan 23 kasus dalam sebulan, yakni dari tanggal 23 April 2022 hingga 30 Mei 2022. Dalam pengungkapan itu sebanyak 30 tersangka dari kalangan pengedar dan pemakai dijebloskan ke penjara.

Menurut Wakapolresta Denpasar AKBP I Wayan Jiartana, SH SIK, M.Si didampingi Kasat Resnarkoba AKP Mirza Gunawan, selama sebulan pihaknya berhasil mengungkap 23 kasus dengan 30 orang tersangka.

Barang bukti yang diamankan dari para tersangka yakni sabu seberat 14,31 gram, ganja kering seberat 7.914 gram, dan tembakau gorilla seberat 6,45 gram.

Dari penangkapan 30 tersangka ini terdapat 4 kasus menonjol. Dimana ada 4 tersangka yang ditangkap dengan barang bukti sangat banyak. Yakni tersangka DN,31, yang tinggal di Jalan Kubu Bias, Denpasar Barat. Dari tersangka, disita barang bukti 5 paket ganja kering seberat 4,669 gram.

Kemudian tersangka JD,26, tinggal di Jalan Ekalawya, Legian Kaja, Kuta dan di Jalan Seminyak, Kuta. Dalam penggeledahan ditemukan 53 plastik klip berisi ganja kering seberat 2.044 gram.

BACA :  Hindari Warga Meninggal Terdaftar Sebagai Pemilih, KPU Tugaskan PPK dan PPS Kawal Pembuatan Akta Kematian

Lanjut, tersangka HT,29, yang diringkus di Jalan Raya Sesetan, Denpasar Selatan. Polisi menyita barang bukti 20 paket plastik klip berisi ganja kering seberat 596 gram.

Terakhir NV,33, yang ditangkap di Jalan Alam Sari, Padang Sambian, Denpasar Barat dan di Jalan Panji, Kuta Utara. Barang bukti yang disita dari NV yakni 4 paket ganja kering 495 gram.

Dijelaskan AKBP Jiartana, berdasarkan daerah asal tersangka yakni seorang turis asal Jepang, Jawa 15 orang, Bali 9 orang, NTB 1 orang, Riau 1 orang, Sumatera 1 Orang, Sulawesi 1 orang, dan Bangka Belitung 1 orang.

“Dari 30 tersangka, 29 laki laki dan 1 orang perempuan,” ungkapnya.

Perwira melati dua dipundak ini melanjutkan, peran dari puluhan tersangka ini bervariasi. Ada 14 kurir atau bandar, dan 16 pemakai. Diduga kuat para tersangka ini merupakan bagian dari sindikat narkoba karena faktor ekonomi.

“Modus operandi mereka yakni menyimpan dan mengantar atau menempel narkotika,” ujarnya.

Terkait penangkapan ini, AKBP Jiartana mengklaim pihaknya berhasil menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkotika sebanyak 30.000 jiwa.

BACA :  Tak Kuat Nanjak,Truk Bermuatan Pasir Terjun ke Jurang

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular