Seluruh Pejabat Hingga Staf Undiksha di Tes Urine

Pengecekan hasil tes urine oleh petugas dari BNNP Bali
Pengecekan hasil tes urine oleh petugas dari BNNP Bali

BULELENG, balipuspanews.com – Seluruh pejabat managerial mulai dari pimpinan, pejabat analis ahli muda, dan staf di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali. Tes tersebut dilakukan setelah BNNP melaksanakan sosialisasi penyalahgunaan Narkoba, Rabu (28/9/2022).

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang ikut dalam kegiatan tersebut menyebutkan sebagai salah satu institusi pendidikan, Undiksha menyadari akan bahaya yang bisa ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba.

Oleh karenanya perlu ada langkah-langkah pencegahan, baik melalui sosialisasi akan bahaya narkoba maupun dengan cara melakukan tes urine.

“Undiksha selalu waspada dan selalu memberikan penyampaian terkait dengan bahaya narkoba kepada civitas akademika, khususnya nanti mahasiswa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wawasan Kebangsaan Digaungkan Menjelang Pemilu 2024

Disisi lain, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Undiksha untuk memastikan seluruh staf pegawai Undiksha, baik itu dosen, tenaga pendidik, laboran, dan lainnya betul-betul terbebas dari narkoba.

Selain itu melalui kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan Undiksha terhadap program pemerintah agar bebas dari penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang.

Sehingga dirinya berharap tidak ada staf Undiksha yang menyalahgunakan narkotika. Ia menegaskan, jika dari hasil tes urin yang ini ada yang teridentifikasi sebagai pengguna, Undiksha akan tunduk dan patuh terhadap kebijakan BNN sebagai institusi yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memberantas penyalahgunaam narkoba.

Baca Juga :  Lebihi Target, Gianyar Raih 4 Emas di Cabor Muaythai

“Undiksha pasti akan tunduk dan patuh dan Undiksha pasti akan tetap memberikan pendampingan atau apapun yang diperlukan agar betul-betul program pemerintah ini berjalan baik dan benar,” tegasnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Bali, AKBP I Ketut Suandika, S.H., M.H memberikan apresiasi atas sinergi yang telah dilakukan oleh Undiksha dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika.

“Jadi kita bersama Undiksha bersinergi bersama untuk menciptakan Bali Bersinar (Bersih dan Bebas Narkoba) dalam rangka perang melawan narkoba atau War On Drugs,” terangnya.

Ditambahkan, sejauh ini kesadaran masyarakat maupun instansi, baik pemerintah, lembaga pendidikan, dan swasta sudah mulai aktif bergerak untuk melawan narkoba melalui berbagai kegiatan, seperti edukasi atau sosialisasi, melaksanakan tes urine, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Menghadiri HUT ke-19 ST. Prana Sukma Banjar Pipitan Canggu

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan