Selasa, Desember 5, 2023
BerandaKarangasemSemak-semak di Eks Galian C Gunaksa Dilalap Si Jago Merah

Semak-semak di Eks Galian C Gunaksa Dilalap Si Jago Merah

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Berhektar-hektar lahan semak-semak di Eks Galian C Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung ludes diamuk si jago merah, pada Senin (2/10/2023).

Dari pantauan di lokasi, kebakaran terjadi pada sore hari diketahui api merambat dari kawasan timur Eks Galian C merembet ke arah barat.

Salah seorang warga, Nyoman Kari mengakui dirinya melihat api datang dari arah timur terus menjalar ke arah barat. Hingga api berkobar persis di dekat rumahnya, dan kebetulan di lokasi itu ada tumpukan sabut kelapa.

“Saya lihat api datangnya dari arah timur membakar semak belukar. Waktu tumpukan sabut kelapa itu terbakar saya bersama anak sempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi karena khawatir api menjalar ke rumah saya, anak saya berinisiatif menghubungi petugas pemadam,” bebernya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Klungkung, Putu Widiada yang ikut turun ke lokasi kebakaran mengatakan, tidak diketahui pasti dimana pertama kali titik api muncul. Tapi karena di lokasi situasinya kering maka api dengan cepat menjalar membakar semak belukar.

“Saya imbau agar waspada dan berhati-hati, situasi seperti sekarang kemarau panjang rentan terjadi kebakaran. Saat kebakaran dimana lidah api terus menjulur bergerak ke arah barat, ini kesulitan kita di lapangan.

Tapi kami berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya karena areanya cukup luas. Sementara petugas Damkar juga terus berupaya melakukan pemadaman, ada dua armada didatangkan dari Gianyar,” ujarnya.

Lebih jauh Widiada mengimbau warga agar waspada di tengah situasi kemarau panjang seperti ini. Ia minta warga tidak sembarangan membakar sampah atau membuang puntung rokok. Sebab hal itu bisa memicu terjadinya kebakaran lahan.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

BACA :  Wagub Dukung C20 Summit, Suarakan Solusi Isu Kompleks
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular