Antusiasme menikmati hidangan Perancis
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Denpasar, balipuspanews.com – Alliance française Bali, Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia bekerja sama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France, menggelar rangkaian acara festival internasional cita rasa Perancis Good France.

Kegiatan ini diadakan secara serentak pada 21 Maret 2018 di 10 kota di Indonesia Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa.

Setiap tahunnya, pada tanggal 21 Maret, diinisiasi oleh French Ministry for Europe and Foreign Affairs dan chef Alain Ducasse, ribuan restoran dan raturan negara di dunia merayakan Gout de France atau Good France, sebuah perayaan kuliner Prancis yang kini telah diakui sebagai salah satu warisan kebudayaan oleh UNESCO.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet mengatakan, “Pada 21 Maret, chef berbakat di berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis. Good France menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis yang menjadi warisan budaya dunia sekaligus mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yaitu semangat berbagi dan kebersamaan.”

Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis mengganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting. Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasa mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup, seperti pernikahan dan ulang tahun. Praktik tersebut mempererat hubungan antar individu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

6 Restoran dari Bali
Pada tahun 2018, 3000 restoran dari 150 negara turut berpartisipasi untuk Gout de France. Di Indonesia terdapat 39 restoran yang ikut serta, 6 di antaranya berlokasi di Bali : Mozaic Restaurant, Teatro Gastroteque, Cucina – SOFITEL Nusa Dua Bali, ENVY – Holiday Inn Resort Baruna Bali, MÉTIS Restaurant, dan Odette Bali.

Bagi Mozaic Restaurant, ini adalah kedua kalinya mereka ikut serta dalam Gout de France. Chris Salans, pemilik sekaligus chef Mozaic Restaurant tahun ini juga akan diundang untuk merayakan Gout de France di Kedutaan Prancis untuk Indonesia di Jakarta.

Chris Salans menyampaikan,”Duta Besar Prancis suatu hari pernah datang ke sebuah acara di Bali, kebetulan saya menyajikan hidangan untuk acara itu dan saya yakin beliau pasti menyukainya dan mengingat masakan saya. Beberapa waktu lalu saya dihubungi Marc Piton dari Kedutaan Besar Prancis dan ia mengatakan bahwa Duta Besar meminta saya untuk memasak untuknya dan tamu-tamu VIP di rumahnya di Jakarta untuk acara Gout de France.”

Ia juga manyampaikan, sebagai warga Prancis ia merasa terhormat atas undangan ini. Menu-menu yang akan ia sajikan untuk Gout de France nanti antara lain : Turbot fish, Blue lobster from Brittany, Foie Gras, dan lain-lain.

Sementara itu, Cucina – SOFITEL Nusa Dua Bali telah berpartisipasi 3 tahun berturut-turut dala, Gout de France. Chef Daine Gilbert menyampaikan bahwa Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan Cucina restaurant akan menyajikan menu dekaden yang terinspirasi dari kuliner Prancis yang otentik. Penyajian menunya akan disandingkan dengan anggur Magnifique French, yang akan memperkaya pengalaman kuliner pengunjung.

“Kami menyediakan produk yang segar dan terbaik, dengan penyajian yang intim. Karena menu Prancis yang unik ini beserta anggurnya disajikan di Sofitel, maka ia akan tersaji sebagaimana rasa aslinya,” ujar Chef Daine Gilbert.

Setelah berpartisipasi di Gout de France 2017, kini Teatro Gastroteque akan turut merayakan acara ini untuk kedua kalinya. Tahun ini Chef Mandif Warokka dan Chef Yusuf Milyardi akan menghidangkan sajian Prancis khas Teatro Gastroteque. Menurut Chef Yusuf, ia kehidupan dapur adalah candu, di mana ia menghabiskan seumur hidupnya di sana. “Ambisi saya, ego saya, fantasi saya, perjuangan saya, serta tim saya hadir untuk satu tujuan yang sama : Evolce The Food!”

Tahun ini adalah tahun pertama bagi Métis Restaurant, Envy – Holiday Inn Resort Baruna Bali, dan Odette Bali. Masing-masing restoran akan menyajikan hidangan Prancis khas restorannya.

Friska Rudana, pemilik sekaligus chef di Odette Bali yang merupakan lulusan Le Cordon Bleu Prancis menyampaikan, bahwa menu yang disajikan Odette untuk Gout de France 2018 adalah refleksi dari Odette kombinasi sajian international dengan sentuhan Prancis. Menu kami akan berawal di Prancis, sebelum berjalan ke Jerusalem, Brazil, dan Catalonia, dan akhirnya berlabuh di Bali untuk hidangan penutup dengan bahan-bahan lokal yang segar.

Sementara itu, MÉTIS Restaurant bersama chef andalannya, Nicolas “Doudou” Tourneville mengungkapkan rasa bangganya dapat berpartisipasi dalam Gout de France 2018.

“Ini adalah sebuah kehormatan berpartisipasi dalam acara yang istimewa ini dan menyajikan menu Gout de France kami. MÉTIS memutuskan untuk menyajikan bersama dalam 1 sajian khusus kami, sebuah dedikasi untuk seorang chef legendaris, Chef Paul Bocuse. Menu kami disiapkan dan dimasak dengan telaten menggunakan teknik memasak tradisional Prancis, dibuat dan dimanifestasikan berdasarkan tema acara ini serta disajikan untuk memperkenalkan cita rasa magis dari warisan kebudayaan Prancis,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Chef Muhammad Wahyu Martifano dari ENVY – Holiday Inn Resort Baruna Bali. “Saya sangat gembira dapat berpartisipasi dalam perayaan ini, yang sekaligus memberikan kami kesempatan untuk memêrkenalkan sajian Prancis pada tamu-tamu kami di beachfront restaurant kami,” ujar Muhammad Wahyu. (bp)

Tinggalkan Komentar...