Semarakan HKGM, 17 Ribu Siswa di Bangli Gelar Sikat Gigi Massal

Acara bhakti sosial sikat gigi massal di SD 2 Kubu, Bangli, Senin (12/9/2022)
Acara bhakti sosial sikat gigi massal di SD 2 Kubu, Bangli, Senin (12/9/2022)

BANGLI, balipuspanews.com – Pemkab Bangli menyambut baik dan mendukung digelarnya sikat gigi massal dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut (HKGM) Nasional 2022 yang ke-12.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi, sekaligus mengedukasi anak-anak pentingnya menyikat gigi secara teratur, baik, dan benar.

“Pemerintah Kabupaten Bangli menyambut baik kegiatan ini terlebih pesertanya anak-anak usia sekolah dasar (SD). Kita mengetahui tak jarang anak-anak kita ini masih suka malas dan enggan untuk sikat gigi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangli dr. I Nyoman Arsana, di sela-sela acara bhakti sosial sikat gigi massal di SD 2 Kubu, Bangli, Senin (12/9/2022).

Baca Juga :  Dewan Pers dan Polda Bali Sepakat Jalin Kerjasama Terkait Sengketa Pers 

Lebih lanjut pihaknya mengajak seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bangli untuk mengaktifkan kembali usaha kesehatan sekolah (UKS), dan juga peran serta tenaga kesehatan di Puskesmas maupun Posyandu agar melakukan kunjungan ke sekolah untuk pemeriksaan gigi anak-anak.

“Pemeriksaan gigi dan mulut penting dilakukan dan hal ini menjadi salah satu siasat agar anak-anak mau memeriksakan giginya, pasalnya ada sejumlah masyarakat enggan memeriksa giginya karena ada stigma yang berkembang seperti biaya mahal, takut bor gigi dan lain-lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bhakti Sosial drg I Gst Ngurah Kursista mengungkapkan, kegiatan sikat gigi massal dilakukan secara serentak hari ini di Indonesia mulai pukul 10.00 WITA.

Baca Juga :  Lampu Traffic Light Simpang Tiga Jalan Veteran Padam, Lalulintas Semrawut

Disampaikan pula, untuk di Kabupaten Bangli diikuti sebanyak 17.833 orang siswa sekolah dasar dari kelas I sampai kelas Vl di 12 wilayah kerja puskesmas se-Kabupaten Bangli.

“Bhakti sosial ini sekaligus menjadi wujud bakti dokter gigi kepada masyarakat guna meningkatkan kesehatan gigi khususnya kesehatan gigi anak Indonesia. Oleh karena itu hari ini merupakan awal dari momentum program Indonesia bebas karies 2023,” ujarnya.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan