Sembilan Warga Digigit Anjing Rabies di Klungkung

SEMARAPURA,balipuspanews.com- Korban anjing rabies kembali terjadi di Klungkung. Kali ini, sembilan warga banjar Ayung, Semarapura Klod yang menjadi korbannya. Hal itu dikemukakan langsung oleh Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Klungkung dr Jaya Putra, Senin, (14/1/2019)

Menurutnya, kasus rabies yang terjadi di Klungkung ini diketahui dari hasil laporan yang diterimanya dari pelacakan gigitan anjing penular rabies di Banjar Ayung Kelurahan Semarapura Klod Minggu (6/1/ 2019 lalu. Saat itu, disebutkan ada sembilan warga yang digigit anjing.

” Setelah menggigit beberapa orang ,anjing menggigit barang bekas dan batu. Selanjutnya anjing mendadak mati ditempat. Mendapat laporan seperti itu petugas langsung melakukan pemeriksaan dengan mengambil otak anjing tersebut ke Laboratorium kesehatan hewan,”jelas Jaya Putra.

Kesembilan korban gigitan anjing gila tersebut masing- masing, Luh Ari Nurasiah, 40, Komang Gede Wiguna, 8,Ketut Darmawan, 39, Kadek Linda,23,Luh Ayu Mas Purnama Dewi,10, Luh Putu Widyaningsih,8, Gede Eka Surya Putra,11, Komang Arjuna,6 dan Ni Made Sri Maharani, 5.

” Hasil pemeriksaan laboratorium datang pada tanggal 8 Januari 2019 dengan hasil anjing positif rabies ,”terang Jaya Putra.

Untuk menghindari keresahan warga, petugas kesehatan hewan langsung melakukan sosialisasi. Kepada warga yang memiliki hewan peliharaan lainnya yang ada dikawasan Banjar Ayung ,Semarapura Klod dan di sekitarnya semua terpaksa di eliminasi. Sedangkan korban gigitan anjing semua sudah diberikan vaksin VAR. (Roni)

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here