Gunung Merapi meletus
Gunung Merapi meletus
sewa motor matic murah dibali

YOGYAKARTA, balipuspanews. com –
Gunung Merapi,  Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah meletus sekitar pukul 10.46 tinggi kolom asap 1000 meter ke arah barat dan mengakibatkan hujan abu tipis di sebagian wilayah desa banyubiru dukun, Minggu (17/11/2019).

“Gunung jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah tidak teramati, teramati letusan dengan tinggi 1000 m dan warna asap ,” kata Yulianto KESDM, Badan Geologi, PVMBG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)

Dalam letusan tersebut terjadi letusan berjumlah 1, Amplitudo 70 mm, durasi : 155.2 detik, guguran jumlah 4 amplitudo : 3-8 mm, Durasi  18-23 detik.

Lebih jauh ditekankan rekomendasi
pootensi ancaman bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Kedua area dalam radius 3 km dari puncak G. Merapi agar tidak ada aktivitas manusia.

Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif..

Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak G. Merapi.. Informasi aktivitas G. Merapi dapat diakses melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 Mhz, melalui telepon (0274) 514180/514192, website www.merapi.bgl.esdm.go.id, dan media sosial BPPTKG (facebook: infobpptkg, twiter: @bpptkg). (rls/bpn/tim)