I Wayan Koster pada pengukuhan dan deklarasi yang bertempat di wantilan Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung
sewa motor matic murah dibali

Mangupura, balipuspanews.com – Sejak resmi bergabung dengan PDI Perjuangan, I Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota terus bergerak melakukan penggalangan, salah satunya dengan membentuk Semeton Gus Bota (GB). Senin (26/6), malam, Semeton GB Bali, Denpasar dan Badung dikukuhkan.

Gerbong besar Semeton GB secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Dr. Ir. Wayan Koster, MM sebagai Gubernur Bali tahun 2018.

Dari laporan panitia lebih dari 5 ribu anggota Semeton GB hadir pada pengukuhan dan deklarasi yang bertempat di wantilan Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung.

Tak semua anggota bisa masuk ke lokasi acara, hingga harus dengan rela mengikuti acara dari luar wantilan.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wayan Koster yang kini lebih dikenal dengan KBS (Koster Bali Satu), Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Bali Jro  Gede Komang Swastika, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Bali IGN Kesuma Kelakan, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Sekitar pukul 20.00, acara dimulai dengan pengukuhan Semeton GB Bali, Denpasar dan Badung oleh  Dewan Penasehat Semeton GB I Nyoman Giri Prasta, yang juga menjabat Bupati Badung.  Semeton GB Bali dikomandani oleh I Bagus Jagra Wibawa SH, Semeton GB Badung Koordinator Jro Nyoman Sudiarta, sedangkan Semeton GB Denpasar dengan Koordintor I Nyoman Suarta.

Setelah pengukuhan dilanjutkan dengan deklarasi dan kebulatan tekad dari Semeton GB mendukung KBS sebagai Gubernur Bali 2018.

“Kami yang bertanda tangan di bawah ini bertekad melaksanakan hasil keputuaan rapat Dewan Penggurus Daerah Semeton GB Bali untuk mendukung dan memenangkan Bapak Wayan Koster sebagai Gubernur Bali 2018. Pernyataan kebulatan tekad ini dituangkan dan dirangkum dengan nama Panca Arsa semeton GB untuk Koster Bali Satu,”kata Sekretaris Semeton GB Bali, I Komang Mertajiwa saat membacakan deklarasi.

Panca Arsa Semeton GB untuk KBS adalah,  sepakat untuk menyatukan hati dan gerakan mendukung KBS untuk membangun Bali dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB)  sehingga tercipta pola pembangunan Kabupaten yang lebih terarah dan tidak berjalan sendiri sendiri.

Selanjutnya, sepakat untuk menyatukan hati dan gerakan mendukung KBS dalam perjuangan untuk membentuk kebijakan dana Desa dari APBN yang dirancang seiring dengan kebijakan pemerintah melalui salah satu program Nawa Cita yaitu membangun bangsa dari desa.

Semeton GB Bali sepakat untuk menyatukan hati dan gerakan mendukung KBS dalam perjuangannya pada sektor pendidikan memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi guru dan dosen serta menyusun program bantuan siswa miskin.

Semeton GB Bali sepakat untuk menyatukan hati dan gerakan mendukung KBS dalam perjuangan membangun bali berdasarkan tatanandan kultur kehidupan masyarakat bali yang berlandaskan adat agama tradisi seni dan budaya Bali.

Dan terakhir, semeton GB bali sepakat untuk menyatukan hati dan gerakan mendukung KBS dalam perjuangan membangun bali menuju masyarakat Bali yang berdaulat dalam bidang politik berdikari dalam bidang ekonomi serta berkepribadian dalam bidang budaya seauai dengan amanah dan ajaran Tri Sakti Bung Karno.

Dukungan kepada KBS tidak main-main. Gus Bota dalam arahanya menegaskan,  kalau sudah merasa menjadi bagian Semeton GB harus siap kemana diarahkan, tahun 2018, wajib memenangkan KBS.

“Saya tegaskan Pilkada Bali tahun 2018, Semeton GB bersama keluarga wajib memenangkan KBS. Dukungan jangan hanya dibibir, jangan membuat malu, karena nama saya yang dipertaruhkan. Apa siap memenangkan KBS,”ujar Gus Bota.

Ribuan massa yang hadir serentak menjawab ‘siap’. Gus Bota mengatakan keputusan mendukung KBS, karena melihat sepak terjang dan komitmen KBS selama ini untuk masyarakat Bali.

Sangat konsen dengan dunia pendidikan, dan sangat menjaga adat, budaya, agama dan kearifan lokal masyarakat Bali. Dikatakannya, Semeton GB keanggotaannya tak terbatas dari anggota Baladika dan Bakti Negara saja, namun terbuka untuk masyarakat umum.

Dan menurut Gus Bota antusias masyarakat untuk bergabung dengan Semeton GB terus meningkat.

Sementara itu, Giri Prasta dalam sambutannya menyatakan , dirinya totalitas dan secara penuh mendukung KBS sebagai Gubernur Bali tahun 2018. Sebagai Bupati Badung, Giri Prasta mengungkapkan sejumlah program kebijakan dan keberhasilan pembangunan melalui Pola Pembangunan Nasional Berencana di Kabupaten Badung, atas arahan KBS.

Giri Prasta menambahkan sejumlah program prioritas telah disiapkan oleh KBS untuk masyarakat Bali. Diantaranya, meningkatkan pelayanan dan kualitas bidang pendidikan gratis dan kesehatan. Dengan nada berapi-api, Giri Prasta mengajak seluruh Semeton GB berjuang bahu membahu memenangkan KBS sebagai Gubernur tahun 2018.

Dibagian lain, KBS dalam sambutannya mengaku tak begitu lama mengenal Gus Bota. Akan tetapi dari perkenalan singkat tersebut, KBS sangat yakin sosok Gus Bota adalah orang baik yang akan diajak bersama-sama membangun Bali, Badung dan Denpasar pada umumnya. KBS juga menilai Gus Bota setelah diberikan arahan sangat cepat bergerak, terbukti dengan terbentuknya Semeton GB.

KBS menambahkan terbentuknya Semeton GB dengan proses kesadaran berdasarkan niat baik, tulus dan lurus dengan berpegang kepada nilai-nilai agama, tradidsi , kultur dan kearrifan lokal di Bali. Mencermati satu per satu Panca Arsa, lima sikap Semeton GB, menurut KBS sudah merupakan bagian dari pejuangan dirinya selama 3 periode menjadi anggota DPR RI.

“Akan saya lakukan secara menyeluruh di Bali, diimplementasikan melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Saya berjanji melakukan itu dengan sebaik-baiknya, “kata KBS.

Pada kesempatan berikutnya, KBS yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali mengingatkan dalam perjuangan nanti harus didasari ketulusan, lurus, mulia, tidak boleh ada presentesi pragmatis. Agama hindu mengajarkan untuk mendapatkan sesuatu hal atau tujuan yang baik, harus dijalankan dengan cara yang baik.

Terakhir politisi asal Desa Sembiran yang juga didaulat sebagai Penasehat Semeton GB ini menegaskan dirinya siap lahir batin sekala niskala untuk memimpin pembangunan di Bali sesuai dengan tatanan kehidupan masyarakat Bali dengan tradisi, adat, agama dan budaya, yangmenjadi pilar utama kehidupan masyarakat Bali.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here