Sempat Hebohkan Warga Akhirnya ABK Asal Bima Yang Terdampar di Tejakula Dipulangkan

Para ABK yang terdampar di pantai Banjar Dinas Tegal Sumaga, Desa/Kecamatan Tejakula
Para ABK yang terdampar di pantai Banjar Dinas Tegal Sumaga, Desa/Kecamatan Tejakula

BULELENG, balipuspanews.com – Setelah sempat menghebohkan warga pesisir pantai Banjar Dinas Tegal Sumaga, Desa/Kecamatan Tejakula ke sembilan Anak Buah Kapal (ABK) Cahaya Berlian yang sebelumnya terdampar di laut kawasan Tejakula, Buleleng dikarenakan kapalnya terbakar akhirnya pada Minggu (29/11/2020) dipulangkan ke kota asalnya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Kesembilan ABK itu bernama Hidwan,42, berposisi sebagai Nahkoda kapal, Amar Amruf ,21, berposisi sebagai ABK, Arifudin,34, sebagai ABK, Suhardin,32, sebagai ABK, Syahril Ramadhan,26, sebagai ABK, Andri,32, sebagai ABK, Masdan,46, sebagai ABK, Erfan,18, sebagai ABK, dan Muksin,21, juga sebagai ABK dari data yang dihimpun seluruh korban berasal dari Kabupaten Bima, NTB.

Koordinator Patroli Bali Timur dan Utara Polair Polda Bali, Ipda Made Darsa menyampaikan bahwa informasi sebelumnya kesembilan ABK ini berhasil diselamatkan oleh seorang nelayan saat kapal bermuatan kelontong yang mereka tumpangi terbakar pada Sabtu 28 November 2020 siang sekitar pukul 12.00 Wita tepatnya di wilayah Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula. Peristiwa kebakaran kapal Cahaya Berlian saat ini masih terus didalami dan ditangani oleh Polair Polda Bali setelah dilimpahkan oleh Polsek Tejakula.

“ABK sudah dipulangkan pada Minggu kemarin via Pelabuhan Padangbai. Kasus kebakaran kapal ini kini kami tangani. Sedangkan api di kapal sudah padam total namun kapal posisinya masih di tengah laut,” terangnya, Senin (30/11/2020).

Setelah masing-masing ABK ini nyawanya terselamatkan pihak kepolisian kemudian menanyakan terkait awal mula terjadinya kebakaran, dari hasil penyelidikan dan keterangan para ABK, penyebab kebakaran diduga karena korsleting kelistrikan. Api diketahui pertama kali muncul di kamar atas kapal pada Sabtu pukul 10.00 Wita dan merambat ke sekitarnya.

“Nahkoda dan awak kapal kemudian berusaha memadamkan api namun api bertambah besar,” ujarnya.

Hal ini serupa dengan pemberitaan sebelumnya yang dimana Berita Kapal Cahaya Berlian asal NTB yang sembilan ABKnya berhasil selamat itu, sebelumnya berangkat dari Surabaya menuju ke Bima (NTB), akan tetapi sampai di tengah laut kapal tiba-tiba terbakar lantaran diduga korsleting listrik. Kemudian hampir seluruh penumpang kapal secara perlahan terus mencoba memadamkan api, akan tetapi api justru semakin membesar. Beruntung pada saat kejadian nyawa keseluruhan berhasil diselamatkan berkat adanya nelayan yang melintas sehingga mereka langsung ditolong dan di bawa ke polsek Tejakula.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan