Minggu, Juli 21, 2024
BerandaDenpasarSempat Ikuti Latihan di Surabaya, Seorang Dokter Terinfeksi Covid-19 di Badung

Sempat Ikuti Latihan di Surabaya, Seorang Dokter Terinfeksi Covid-19 di Badung

DENPASAR, balipuspanews.com – Kasus positif Covid-19 kembali bertambah sebanyak 5 orang di Badung, Bali pada, Minggu (7/6/2020).

Salah satu orang yang terjangkit Covid-19, dari kasus tersebut merupakan dokter yang bertugas di salah satu Puskemas di Badung.

Saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta membenarkan informasi tersebut.

“Nggih, memang benar, sekarang sudah ditangani oleh gugus tugas Provinsi Bali,” ungkapnya.

dr. Gunarta juga mengatakan, sebenarnya untuk Puskesmas tersebut sudah dilakukan rapid test untuk seluruh pegawai pada minggu lalu.

“Saat rapid minggu lalu , dua orang reaktif, sedangkan 75 staf lainnya non reaktif. setelah itu kedua staf langsung dikarantina, kemudian dilakukan swab, dan hasil swabnya positif untuk dokternya, sedangkan staf yang lagi satu negatif,” tambahnya.

Dan saat ditanyai soal tracing contact, ia mengatakan masih ditelusuri, dikarenakan dokter tersebut pernah mengikuti pelatihan sebagai dokter pendamping haji, dan berakhir sekitar tanggal 18 Maret 2020 di Surabaya.

“Setelah pelatihan tersebut, ada peserta yang positif. Saat itu juga di bulan Maret staf dokter kami tersebut melakukan rapid test dua kali, dengan hasil non reaktif,” imbuhnya.

BACA :  Hindari Warga Meninggal Terdaftar Sebagai Pemilih, KPU Tugaskan PPK dan PPS Kawal Pembuatan Akta Kematian

Dan kemudian minggu lalu, pihaknya telah melakukan rapid untuk semua staf, dan dokter tersebut mengikuti rapid tes lagi. Setelah itu hasilnya ditemukan reaktif, dan hasil swabnya pun positif.

Sebelumnya, rapid tes memang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung untuk para tim medis. Hal tersebut dikarenakan selama ini, tim medis secara bergiliran bertugas di poli Covid-19 dan ambulance Covid-19.

“Kita memang siapkan rapid test untuk semua staf Puskesmas. Nanti Kepala Puskesmas yang menjadwalkan rapid test untuk para staf tim medis,” tandasnya.

Penulis/Editor : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami/Artayasa

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular