Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarSempat Terhenti Karena Pandemi, Omed-omedan Kembali Digelar

Sempat Terhenti Karena Pandemi, Omed-omedan Kembali Digelar

DENPASAR, balipuspanews.com – Tradisi omed-omedan kembali di gelar setelah sempat tidak digelar akibat pandemi Covid-19.

Gelaran yang bertajuk Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival (SHOF) tahun 2023 ini dibuka langsung oleh Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara bertempat di Banjar Kaja Sesetan, Denpasar, Kamis (23/3/2023).

Tradisi omed-omedan kali ini mengambil tema “Guna Dharma Kerti” yang mengandung makna Guna adalah Potensi diri, Dharma merupakan ajaran kebaikan, dan kerti adalah berkarya jadi Guna Dharma Kerti memiliki makna Potensi diri dengan ajaran kebaikan yang berlandaskan ajaran agama Hindu untuk selalu berkarya.

Sebelum puncak prosesi Omed-omedan diadakan perlombaan ogoh-ogoh di wilayah setempat dan peringatan HUT ST Satya Dharma Kerti.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara disela sela acara mengatakan pelestarian seni budaya yang ada di Kota Denpasar harus terus di dukung, terutama bagi generasi-generasi penerusnya. Menurutnya, kebudayaan yang berkelanjutan memang harus dimulai sejak dini.

Ketua Panitia SHOF 2023, Diof Adi Pramana mengatakan, “Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival Tahun 2023” merupakan kegiatan yang memiliki konsep festival Seni dan Budaya.

BACA :  Lantik 30 PPK di Badung, Mayoritas Didominasi Wajah Lama

Kegiatan ini telah diselenggarakan setiap tahunnya bertepatan dengan hari Ngembak Geni dan sudah berlangsung sebanyak 12 kali, namun pada tahun sebelumnya kegiatan ini sempat terhenti dikarenakan  pandemic Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

“Saat ini setelah Covid-19 mereda, Sekaa Truna Truni Satya Dharma Kerti menginginkan bangkit kembali untuk menyelenggarakan kegiatan ini dengan penuh rasa semangat dan untuk melestarikan tradisi Bali khususnya pada Banjar Kaja Desa Sesetan,” ujarnya.

Melalui tema “Guna Dharma Kerti” kami berharap dapat meningkatkan potensi pemuda dan pemudi untuk selalu berkarya dalam melestarikan warisan budaya leluhur yang bernilai adi luhung dengan berlandaskan ajaran agama hindu.

“Saya juga ingin manyampaikan terimakasih kepada 100 UMKM yang turut serta dalam memeriahkan kegiatan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival Tahun 2023 ini,” pungkasnya.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung, Forkopimda Kota Denpasar, Bendesa Adat Sesetan Made Widra, serta Tokoh masyarakat setempat.

BACA :  Overstay dan Tidak Mampu Bayar Biaya Perpanjangan, WN Rusia Dideportasi

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular