Sempurna Lakukan Kepedulian Lingkungan Empat Sekolah Diganjar Adiwiyata Nasional

Pimpinan satuan pendidikan yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata 2021
Pimpinan satuan pendidikan yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata 2021

BULELENG, balipuspanews.com – Sesuai dengan SK Menteri LHK Nomor : 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021. Sebanyak empat sekolah yang dimana dua Sekolah Dasar (SD) dan dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Buleleng berhasil mendapatkan penghargaan yang cukup bergengsi yakni Adiwiyata Nasional tahun 2021.

Sekolah Adiwiyata sendiri merupakan program untuk sekolah yang berbasis atau melaksanakan pelestarian lingkungan dan tumbuhan sekitar sekolah. Tujuannya tidak lain membentuk sekolah peduli serta berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan ataupun pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Adapun ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan tentu juga dibawah bimbingan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng. Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata terdiri dari 4 aspek antara lainnya Aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup, Aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup, Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Baca Juga :  Akhir Desember, Tiga Kamera ETLE di Badung Selesai dan Siap Beroperasi

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika membenarkan terkait adanya empat sekolah yang telah menerima penghargaan itu.

Sekolah itu diantaranya SD N 1 Tajun, SD N 1 Banyuning, SMP N 3 Seririt, dan SMP N 2 Singaraja. Maka dari itu usai mengetahui hal itu dirinya langsung memberikan selamat kepada seluruh sekolah terkait penghargaan yang telah didapat.

“Tentu sebenarnya kita sudah mempersiapkan satuan pendidikan yang memiliki potensi untuk mewakili masing- masing kecamatan dalam rangka penilaian Adiwiyata Nasional untuk jenjang SD dan SMP baik mandiri, Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (24/12/2021).

Dirinya menambahkan jika sekolah diharapkan kedepannya bisa mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Baik itu melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan serta hal lainnya.

Baca Juga :  Pensiunan Guru SMP Ternama Ini Sebut JKN Sangat Bermanfaat

“Ini sudah dari tahun 2014 hingga sekarang ada penghargaan semacam itu, kalau ditotal sudah ada 65 sekolah SD maupun SMP,” Imbuhnya.

Disisi lain Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuning Ni Nyoman Putriasih menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Lingkungan atas penghargaan yang telah diberikan kepada satuan pendidikan yang Ia pimpin. Penghargaan itupun juga diharapkan bisa meningkatkan lagi kepedulian akan lingkungan serta bisa menginspirasi sekolah lainnya.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini bisa menambah lagi kepedulian kita terhadap lingkungan tidak hanya disekolah, namun ditempat lainnya juga dan bisa jadi inspirasi sekolah lainnya ,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan