Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDenpasarSempurnakan Pedoman Pengembangan Visi-Misi, Unwar Gelar Lokakarya

Sempurnakan Pedoman Pengembangan Visi-Misi, Unwar Gelar Lokakarya

DENPASAR, balipuspanews.com – Mewujudkan Universitas Warmadewa yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan go global, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Lokakarya penyempurnaan pedoman pengembangan visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), Kamis (25/2/2021), bertempat di Ruang Sri Kesari Warmadewa Mandapa.

Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, para Wakil Rektor Unwar, Kepala Lembaga di lingkungan Unwar, Direktur Pascasarjana, Direktur Vokasi dan Dekan di lingkungan Unwar, Kepala Biro dan Kepala Bidang di lingkungan Unwar.

Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., memberikan apresiasi kepada BPM Unwar yang telah membuat pedoman untuk menyusun visi, misi, tujuan dan strategi.

Dikatakan, terdapat sedikit perbedaan dengan yang telah disusun sebelumnya, jadi sasaran tidak lagi dicantumkan karena sudah di elaborasi pada strategi untuk mencapai sasaran.

Dalam dokumen yang telah disusun oleh BPM bahwa pernyataan visi telah diuraikan disana seperti apa yang ia sampaikan pada Rapat Senat sebelumnya. Itu adalah referensi dari berbagai ahli yang telah dirangkum oleh Dikti yang harus dicermati sehingga memudahkan untuk diukur.

BACA :  Wabup Suiasa Ikuti Forum Konsolidasi Nasional Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim 2024, Dengan Tema "Kerja Bersama Hapuskan Kemiskinan"

“Sekarang ini adalah tugas kita bersama, karena saya lihat unit pengelola program studi dalam hal ini adalah fakultas, program pascasarjana dan program vokasi harus menyesuaikan dengan visi yang telah kita tetapkan. Kalau tidak salah penetapan visi di Unwar yang baru itu adalah tanggal 2 Agustus 2018 melalui Rapat Senat, sehingga itu sebagai acuan untuk pengembangan dokumen perencanaan kedepan,” ungkapnya.

Di dalam dokumen perencanaan dimohonkan agar pimpinan terutama di Unit Kerja UPPS agar tetap mengacu kepada Renstra Universitas.

Jadi Renstra tidak boleh disesuaikan dengan masa jabatan dan indikator capainnya harus disesuaikan dengan target masa jabatan baik itu Dekan dan lain sebagainya. Sehingga dokumen ini benar-benar dokumen yang harus dikembangkan.

Pihaknya berharap agar para pimpinan UPPS segera melakukan revisi sehingga benar-benar yang diminta pada pengajuan instrumen akreditasi itu antara universitas dan UPPS harus inline atau satu garis dan yang membuat visi itu adalah UPPS, Prodi hanya membuat visi keilmuan.

“Mari kita bekerja sinergis sehingga benar-benar Unwar yang kita kembangkan selama ini mengalami kemajuan”, tegasnya.

BACA :  Dua Pengedar Pil Koplo Ditangkap

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu sebagai salah satu kegiatan yang memang harus dilakukan dalam rangka mensosialisasikan, merumuskan dan/atau melakukan pengembangan terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Universitas kedepan.

Kata Wisnumurti, ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam kegiatan Lokakarya ini. Pertama, berkaitan dengan arah yang akan di tuju. Jika berbicara tentang visi sama dengan berbicara tentang bagaimana cara untuk mencapai mimpi tersebut.

Sedangkan Kedua, berbicara tentang misi sama dengan berbicara tentang apa yang akan dipikirkan untuk dilaksanakan. Ketiga, berbicara tentang tujuan yaitu langkah apa yang harus dilakukan.

Dan yang Keempat, berbicara tentang strategi yaitu bagaimana harus bertindak. Dan nanti turunannya adalah program kerja, bagaimana kaki dan tangan digerakkan sehingga mimpi itu bisa menjadi kenyataan.

Jadi, sederhananya visi, misi, tujuan dan strategi adalah menyatukan mimpi, pikiran, tindakan, langkah dan gerak dari organ tubuh untuk mewujudkan mimpi. Tentu ini sangat erat kaitannya dengan 9 kriteria yang nantinya akan dinilai oleh Dikti melalui BAN-PT untuk melihat apakah mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan sudah benar-benar sudah dirumuskan dengan baik.

BACA :  Turnamen Tenis Meja Meriahkan Peringatan HUT ke-236 Kota Denpasar

Pihaknya bersyukur Warmadewa memiliki nilai, spirit, dan roh yang memberikan vibrasi terhadap semua hal yang berkaitan dengan mimpi yang ingin diwujudkan.

Oleh karena itu, nilai-nilai ini harus tercermin. Bagaimana visi Warmadewa yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan go global ini nantinya bisa dirumuskan secara terukur.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular