Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKlungkungSemua Pihak Diminta Perkuat Komitmen dan Niat Tulus untuk Mensukseskan Sistem "Global...

Semua Pihak Diminta Perkuat Komitmen dan Niat Tulus untuk Mensukseskan Sistem “Global Budget”

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Perlu adanya sebuah komitmen dan niat yang tulus dari semua pihak untuk mensukseskan sistem “Global Budget” ini agar nantinya bisa berjalan efesien dan maksimal.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menyerahkan secara simbolis dana global budget dengan seluruh rumah sakit di wilayah Kabupaten Klungkung di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Rabu (22/9/2021).

Keempat rumah sakit tersebut diantaranya RSUD Klungkung, Rumah Sakit Umum Permata Hati, Rumah Sakit Umum Bintang dan RSUD Gema Santi Nusa Penida.

Global Budget merupakan pengalokasian dana secara adil dan transparan kepada rumah sakit selama setahun yang digunakan untuk membiayai pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta berharap semua pihak benar-benar lebih meningkatkan keseriusan untuk mendukung program “Global Budget” ini agar bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Lakukan langkah-langkah promotif, prepentif dan edukatif.

“Saya sangat mendukung program ini, mari kita semua harus mempunyai pemikiran yang sama, sehingga nantinya bisa menghasilkan output dan outcam secara maksimal dalam sistem pelayanan kesehatan,” ujar Bupati Suwirta.

BACA :  Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Fisik serta Penerimaan Pajak dan Retribusi di Klungkung Akan Ditingkatkan

Bupati Suwirta juga menambahkan dengan nantinya ada program ini seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten Klungkung bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.

“Semoga sistem pelayanan kesehatan Global Budget ini bisa berjalan lancar untuk mensejahterakan kesehatan masyarakat Kabupaten Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB, Agung Putu Darma menyampaikan tujuan dari kegiatan ini agar dalam proses pengembangan sistem pembayaran global budget yang memasuki tahap pemberian uang muka, khususnya pada seluruh rumah sakit di wilayah Kabupaten Klungkung dapat berjalan lancar sehingga diharapkan kegiatan ini menjadi kesungguhan ikhtiar dalam mengimplementasikan sistem global budget.

Implementasi global budget ini akan di berikan untuk empat rumah sakit yang ada di Bumi Serombotan.

“Dengan adanya sistem pembayaran global budget rumah sakit di wilayah Kabupaten Klungkung dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan efesien pada peserta JKN-KIS,” harapnya.

Turut hadir Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Resiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby, Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB Agung Putu Darma, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra serta OPD terkait lainnya.

BACA :  Heru Tarsila Dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Sementara itu Dirut RSUD Klungkung, dr Nyoman Kesuma, MPH dihubungi terkait pencairan dana Global Budget ini, dirinya menyambut baik niat baik pemerintah untuk meningkatkan pelayanan pasien di RSU yang ada di Kabupaten Klungkung ini.

“Global budget adalah sistem pembayaran layanan pasien BPJS Kesehatan di RS dengan membayar dimuka dengan nilai pagu secara global berdasarkan perhitungan indek penyakit dan nilai klaim tahun sebelumnya.

Dengan global budget RS akan dibayar sebelum melakukan pelayanan per termin 3 bulanan sehingga bisa digunakan untuk menyiapkan kebutuhan pelayanan, tetapi harus dilakukan kendali biaya dan kendali mutu agar biaya pelayanan tidak melebihi pagu,” terangnya.

Penulis : Roni

Editor : Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular